Sponsors Link

Diabetes Tipe 1 : Gejala – Pencegahan – Pengobatan

Sponsors Link

Diabetes merupakan penyakit yang turun temurun dan termasuk ke dalam penyakit kronis yang diakibatkan karena pankreas tidak memproduksi insulin (sama sekali atau kurang) sesuai kebutuhan tubuh seseorang. Penyakit ini sendiri terbagi atas dua tipe yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2.

ads

Diabetes tipe 1 merupakan salah satu jenis-jenis diabetes yang disebabkan karena tidak mampunyai tubuh memproduksi kadar insulin yang sesuai dengan kandungan yang dibutuhkan untuk tubuh. Insulin merupakan hormon yang dihasilkan oleh pankreas, hormon ini memiliki tiga fungsi yaitu membuka jalannya glukosa agar dapat masuk ke dalam sel tubuh yang berguna untuk menghasilkan energi, menekan produksi gula pada organ hati dan otot, dan mencegah pecahnya lemak sebagai sumber energi tubuh.

Pada normalnya pankreas akan menghasilkan jumlah insulin yang kecil setiap hari dan sepanjang hari. Jumlah insulin akan meningkat jika seseorang mengkonsumi makanan, hal ini karena insulin akan menangkap glukosa yang terdapat di dalam makanan tersebut.

Pada penderita diabetes tipe 1, organ pankreas yang berada dalam tubuh penderitanya tidak mampu untuk memproduksi insulin. Kekurangan insulin ini akan membawa akibat meningkatnya glukosa atau kadar gula dalam darah. Penderita diabetes tipe 1 ini biasanya dialami oleh kebanyakan pria atau seorang keturunan yang memiliki riwayat diabetes tipe 1 dalam keluarganya.

Gejala 

Gejala yang muncul dalam diabetes tipe 1 ini adalah :

  • Pandangan kabur
  • Sering buang air kecil, terlebih ketika malam hari. Hal ini terjadi karena organ ginjal akan mencoba untuk mengeluarkan gula yang berlebih di dalam darah.
  • Lebih mudah merasa haus dan lapar karena proses pembuangan kotoran pada tubuh akan membuat anda merasa lebih haus dan lapar. Hal ini terjadi karena tubuh membutuhkan asupan air dan makanan yang lebih banyak untuk menghindari rasa dehidrasi.
  • Mudah lelah
  • Luka susah sembuh
  • Sering kesemutan pada kaki
  • Berat badan semakin turun

Dari gejala-gejala di atas, dapat berkembang dan semakin parah jika penderita tidak dapat mengontrol tumbuhnya glukosa dalam tubuh. Jika hal tersebut terjadi, maka dapat menyebabkan komplikasi penyakit. Selain itu gejala diabetes 1 ini sangatlah cepat berkembang, untuk pertama kali tidak akan terdeteksi sebagai penyakit diabetes, namun akan disalahartikan sebagai gejala penyakit lain.

Cara Pencegahan

Untuk mencegah diabetes tipe 1 agak tidak mungkin dilakukan, karena diabetes ini merupakan salah satu diabetes turunan yang sulit dihindari. Namun, ada beberapa cara pencegahan lain yang dapat dilakukan, seperti :

  • Melakukan pengobatan intensif

Bagi anda yang mengetahui bahwa salah satu keluarga memiliki riwayat penyakit diabetes tipe 1 maka, anda disarankan untuk mulai melakukan pengobatan intensif. Hal ini dilakukan untuk mengatur gula dalam darah agar tidak meningkat dan menimbulkan munculnya penyakit diabetes tersebut. Seorang yang memiliki riwayat diabetes tipe 1 jika melakukan pengobatan rutin sejak awal, maka kemungkinan terkena penyakit yang sama lebih kecil dibandingkan orang yang tidak melakukan pengobatan sedini mungkin.

  • Melakukan tes DNA

Cara terakhir yang dapat anda lakukan adalah melakukan tes DNA. Hal ini dilakukan agar anda dapat mengetahui sejak awal apakah anda atau keluarga anda yang lain memiliki gen pembawa atau penyakit diabetes tipe 1. Jika anda dinyatakan memiliki gen pembawa atau penyakit tersebut dalam tubuh anda maka anda akan lebih cepat diberikan obat untuk menguatkan organ pada tubuh terutama pankreas agar tidak mudah infeksi. Ada pula pengobatan untuk memperlambat proses autoimun. Autoimun sendiri merupakan penyakit yang terjadi dan menyerang pada proses kekebalan tubuh dan menyerang sel sehat yang masih berfungsi dengan baik.

Pada dasarnya penderita diabetes 1 ini dapat diidentifikasi sejak anak-anak atau menjelang dewasa, hal ini terjadi karena faktor keturunan tadi.

Cara Mengobati Secara Medis

Tujuan pengobatan diabetes karena penderita diabetes 1 tidak dapat memproduksi insulin sebagai mestinya maka, penderita menjadi sangat ketergantungan untuk menyuplai insulin buatan. Insulin buatan ini berguna untuk menyuplai insulin ke dalam tubuh penderita diabetes 1. Ada beberapa jenis insulin yang perlu diketahui dan bisa digunakan, seperti :

  • Insulin yang bekerja dengan cepat (memberikan reaksi yang cepat) namun tidak bertahan lama.
  • Insulin yang bekerja dengan singkat dan efeknya dapat bertahan maksimal 8 jam.
  • Insulin yang bekerja dengan panjang dan efeknya dapat bertahan maksimal dalam satu hari atau 24 jam.

Penderita diabetes 1 dapat melakukan pengobatan insulin dengan melakukan kombinasi insulin diatas. Selain itu ada beberapa cara menyuplai insulin, diantaranya :

  • Suntikan insulin

Hal yang biasa dilihat saat penderita diabetes kekurangan insulin adalah dengan menyuplai insulin melalui suntikan. Hal ini dilakukan karena jika mengkonsumsi obat maka obat akan dicerna sebagai makanan oleh tubuh sehingga tidak dapat diterima dalam darah sebagai mestinya. Penderita diabetes biasanya dapat menyuntikkan insulin sebanyak 3 sampai 4 kali dalam sehari. Pertama-tama anda akan dibantu oleh dokter untuk menyuntik zat insulin ini, lalu akan diajari agar bisa melakukannya sendiri di rumah dari merawat jarum suntik dan membuangnya dengan aman.

Sponsors Link

  • Pompa insulin

Salah satu alternatif lain selain memakai alat suntik untuk menyuplai insulin adalah menggunakan pompa insulin. Alat ini berukuran kecil yang dilengkapi dengan pipa atau selang kecil yang menghubungkan pompa dengan tubuh. Biasanya alat ini dipasang pada perut penderita untuk menyuplai insulin buatan. Alat ini juga dapat diatur sesuai dengan dosis yang sesuai, namun anda harus tetap memperhatikan kadar gula dalam tubuh agar tidak salah dosis.

Selain dengan menyuntikkan insulin buatan, biasanya dokter akan memberikan obat agar anda terhindar dari penyakit komplikasi seperti jantung, stroke ataupun ginjal. Obat-obat tersebut adalah :

  • Statin yang berguna untuk mengurangi kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh.
  • ACE Inhibitor, salah satunya adalah lisinopril untuk indikasi gejala penyakit ginjal diabetik.
  • Aspirin dosis rendah yang digunakan untuk mencegah stroke.

Cara Mengobati Secara Tradisional

Cara mengobati diabetes secara tradisional adalah dengan mengkonsumsi banyak tanaman obat dan hijau secara teratur. Selain itu olahraga dan gaya hidup sehat juga penting diterapkan untuk tubuh. Banyaknya obat-obatan herbal yang dapat dikonsumsi membuat penderita diabetes 1 dapat memilih makanan yang disukai sebagai cara menurunkan diabetes secara alami. Berikut adalah beberapa tanaman obat yang dapat dikonsumsi bagi penderita diabetes 1 :

1. Kayu manis

Salah satu tanaman yang mampu menurunkan gula darah pada penderita diabetes adalah dengan mengkonsumsi kayu manis yang sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Tanaman yang memiliki aroma manis dan rasa yang pedas ini dapat meningkatkan metabolisme glukosa. Manfaat kayu manis untuk diabetes adalah dapat mengatasi berbagai macam komplikasi yang diakibatkan oleh diabetes. Dengan mengkonsumsi kayu manis juga dapat menurunkan gula darah pada tubuh sampai 18-29%. Bagi anda yang ingin mencoba mengkonsumi tanaman ini untuk menurunkan kadar gula anda, bisa dengan beberapa cara seperti ini :

  • Rendam atau rebus kayu manis sebanyak 4 batang lalu konsumsi satu gelas satu hari.
  • Celupkan kayu mani sebanyak tiga batang dan diamkan selama 10 menit pada teh mawar.
  • Alpukat

Alpukat adalah buah yang tepat untuk anda yang ingin menurunkan kadar gula dalam darah. Buah alpukat berukuran medium atau sedang memiliki 17 gram karbohidrat atau jika dibandingkan maka seperlima buah alpukat mengandung 3 gram karbohidrat dan kurang dari 1 gram gula. Karena rendahnya karbohidrat ini tidak akan membuat penderita diabetes kewalahan untuk mengkonsumsinya. Mencampurkan alpukat dengan buah tomat juga bagus untuk menurunkan atau mengurangi naiknya kadar gula darah. Selain buahnya ternyata daun alpukat dapat dimanfaatkan juga bagi penderita diabetes.

2. Lidah Buaya

Salah satu tanaman ini sudah banyak diketahui manfaatnya baik untuk kecantikan kulit dan rambut maupun untuk kesehatan lainnya. Menurut kompas.com lidah buaya memiliki antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh. Cara mengkonsumsi lidah buaya untuk penderita diabetes adalah dengan memotong 2 lidah buaya kemudian direbus bersama dengan 3 gelas air dan saring. Konsumsi sebanyak 3 kali sehari sesudah makan, masing-masing setengah gelas saja.

3. Brotowali

Brotowali merupakan salah satu tanaman obat yang biasa ditanam pada pekarangan rumah. Tanaman ini mengandung alkaloid yang berfungsi untuk membunuh bakteri pada luka. Ternyata tanaman ini juga menjadi salah satu obat alami untuk penderita diabetes.

Cara mengolah brotowali cukup mudah, yaitu:

  • Potong 1/3 batang brotowali
  • Siapkan 1/3 dari genggaman herba sambiloto
  • Siapkan juga 1/3 dari genggaman daun kumis kucing
  • Cuci bersih ketiga bahan tadi, potong-potong batang brotowali sesuai selera
  • Rebus ketiga bahan secara bersamaan dengan takaran 3 gelas air sampai mendidih dan tersisa hingga 2 gelas air
  • Dinginkan kemudian saring
  • Konsumsi selama dua kali dalam sehari, setengah jam sebelum makan masing-masing 1 gelas.
Sponsors Link

4. Mahkota dewa

Cara mengobati diabetes kering selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi mahkota dewa. Mahkota dewa sendiri memang memiliki khasiat sebagai obat dari berbagai macam penyakit. Hal ini karena mahkota dewa memiliki kandungan seperti zat saponin, zat alkaloid, zat flavonoid dan zat polifenol yang mampu untuk melancarkan pembuluh darah yang tersumbat, sebagai anti alergi, sebagai zat yang mampu menurunkan kadar gula yang tinggi bagi para penderita diabetes.

Terdapat empat cara untuk mengkonsumsi mahkota dewa:

  • Bersihkan buah mahkota dewa sebanyak 5-6 kemudian iris tipis-tipis. Rebuslah bersama dengan air dengan takaran 3 gelas sampai mendidih. Saring sari buah kemudian tunggu sampai dingin. Minumlah sebanyak tiga kali sehari satu jam sebelum makan pada pagi, siang, dan malam hari.
  • Siapkan 4 iris buah mahkota dewa dan juga 3 lembar daun salam. Seperti biasa, cuci bersih kedua bahan tadi. Rebuskan kedua bahan bersama air dengan takaran 3 gelas dengan api kecil. Jika air sudah menyusut sampai setengah maka dinginkan air kemudian saring setelah benar-benar dingin. Bagi air hasil rebusan menjadi tiga gelas untuk tiga kali konsumsi dalam satu hari.
  • Iris buah mahkota dewa sebanyak 5 iris, siapkan pula daun sendok dan daun sambiloto sebanyak 7 lembar masing-masing dan 3 lembar daun mimba. Rebus dengan air bertakaran 3 gelas sampai setengah, kemudian saring air hasil rebusan untuk diminum tiga kali dalam sehari.
  • Kali ini resep untuk obat diabetes adalah menggunakan daun mahkota dewa, tumbuk beberapa lembar daun mahkota dewa kemudian direbus bersama dengan air. Setelah dingin anda dapat mengkonsumsinya secara rutin.

5. Oatmeal

Jika anda masih mengkonsumsi nasi sebagai makanan pokok, maka segeralah menggantinya dengan oatmeal. Makanan ini juga termasuk ke dalam makanan pokok yang memberikan energi untuk anda. Oatmeal mengandung kalori yang rendah, sangat cocok untuk penderita diabetes. Oatmeal sendiri terbuat dari gandum yang mengandung magnesium, protein, fosfor, dan vitamin B1. Dengan mengkonsumsi oatmeal, penderita diabetes dapat menstabilkan gula darah namun juga tetap mendapatkan energi yang cukup untuk beraktivitas.

6. Brokoli

Tanaman hijau memang sangat penting dikonsumsi bagi penderita diabetes karena pada tanaman hijau memiliki vitamin K, Folat, mineral magnesium, potassium, dan fosfor yang memang dipercaya membantu untuk menurunkan kadar gula dalam tubuh. Salah satunya adalah sayuran brokoli, dimana sayuran ini mengandung sulforaphane yang dapat memperbaharui enzim dan mencegah kerusakan sel akibat kadar gula yang tinggi.

Pengolahan brokoli yang baik pun sebaiknya dengan cara ditumis, dikukus, dan atau dipanggang karena jika direbus kadar zat yang terkandung dalam brokoli dapat berkurang hampir 70%. Cara lain yang dapat dilakukan untuk penderita diabetes adalah dengan di jus. Baik brokolinya saja maupun digabung dengan buah lain seperti apel dan wortel. Hal ini sangat baik bagi penderita diabetes untuk mempercepat turunnya kadar gula dalam tubuh mereka.

7. Kunyit

Ada 4 manfat bagi penderita diabetes jika mengonsumsi kunyit, yaitu :

  • Dengan mengonsumsi kunyit, maka penderita diabetes dapat menstabilkan kadar insulin dalam tubuh. Kunyit memiliki kandungan glikemik, dimana kandungan inilah yang membantu mempertahankan fungsi pankreas yang seharusnya untuk memproduksi insulin untuk tubuh. Tentunya mengonsumsi kunyit dapat membantu menurunkan kadar glukosa dalam tubuh anda.
  • Kunyit juga mengandung antivirus, antibiotik, dan antibakteri yang dapat mencegah dan mengatasi saat terjadinya infeksi. Seperti yang kita ketahui, penderita diabetes tentunya tidak mudah menyembuhkan luka luar pada kulit mereka. Dengan mengonsumsi kunyit maka hal ini dapat diatasi dengan mudah.
ads
  • Mengonsumsi kunyit sebenarnya baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Dalam kunyit terkandung antioksidan dan berbagai zat lainnya untuk mencegah berbagai penyakit lainnya. Hal ini tentu dapat mencegah penyakit diabetes yang sering dialami oleh masyarakat Indonesia.

8. Buah Acai Berry

Buah acai berry ini sekilas mirip dengan buah blueberry, namun sebenarnya kedua buah ini sangatlah berbeda. Walaupun memiliki manfaat yang sama yaitu menurunkan kadar gula untuk penderita diabetes. Buah ini memiliki kandungan asam lemak omega 3 dan omega 6 yang membantu melawan kerusakan sel akibat diabetes. Buah ini juga disebutkan mampu untuk mengatur kadar insulin dalam darah. Dengan mengkonsumsi buah ini sebenarnya juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh berbagai penyakit, salah satunya diabetes yang memang sering membuat penderitanya merasa lemas.

9. Beras Merah

Berbeda dengan beras putih, beras merah justru tidak mengandung lemak jenuh yang tidak cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes. Beras merah memiliki kandungan seperti natrium, kalium, vitamin B, serta zat besi. Pada dasarnya cara memasak beras merah sama halnya dengan memasak beras putih pada umumnya. Namun takaran beras dan air yang digunakan biasanya adalah 1:10 gelas dimana 1 gelas kira-kira sekitar 237 ml. biasanya beras merah akan menghasilkan busa pati sehingga harus dibuang dengan sendok.

10. Mengkudu

Buah mengkudu memiliki kandungan seperti terpenoid, scolopetin, zat anti bacterial, zat asetil, dan masih banyak lagi. Khasiat buah mengkudu untuk diabetes dapat didapatkan dengan cara mengolah buah mengkudu ini dengan madu secukupnya.

Pertama-tama, cuci dengan menggunakan air bersih kemudian keringkan buah mengkudu tersebut di bawah sinar matahari. Setelah benar-benar kering, haluskan buah mengkudu tadi hingga menjadi bubuk. Kemudian, campurkan dengan air panas dan tambahkan madu secukupnya.

11. Pare

Salah satu obat alami untuk mengobati diabetes kering adalah pare. Manfaat pare untuk diabetes adalah untuk membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Sudah menjadi informasi umum bahwa pare merupakan buah dengan rasa pahit, namun perlu diketahui bahwa pare memiliki kandungan penting untuk menurunkan gula darah, yaitu Charantin yang merupakan senyawa steroid yang diketahui menjadi salah satu obat hipoglikemik oral, Polipepida P yang diketahui mirip dengan insulin yang mampu memproduksi insulin pada gula darah penderita diabetes, dan Asam oleanolic glikosida yang dapat meningkatkan toleransi glukosa.

Cara mengkonsumsi pare yang paling mudah adalah dengan mencampurkannya ke dalam tumisan masakan anda. Namun, bisa juga anda minum dengan diolah sebagai jus. Dosis mengkonsumsi pare adalah satu buah yang berukuran kecil atau sekitar 2 ons untuk dibuat sebagai jus, konsumsi selama tiga kali dalam sehari.

12. Daun Kemangi

Daun kemangi memiliki nama latin yang cukup bagus yaitu, Ocimum sanctum. Ternyata daun ini berasal dari India, daun ini biasa kita temukan menjadi teman santap pada makanan kita yang sering kita sebut sebagai lalapan. Daun kemangi ini memiliki beberapa khasiat, salah satu yang menjadi rahasia umum adalah untuk menghilangkan bau badan karena daun kemangi memiliki wangi yang khas.

Namun, selain menjadi obat penghilang bau badan daun kemangi ini dapat diandalkan menjadi obat untuk penderita diabetes. Ada tiga khasiat yang dihasilkan saat mengkonsumsi kemangi yaitu, dapat mencegah komplikasi, dapat menurunkan gula darah, dan dapat meningkatkan sekresi insulin. Cara mengkonsumsinya pun mudah karena anda hanya perlu memakannya sebagai lalapan seperti biasa, tidak perlu direbus atau direndam dengan air panas seperti dedaunan lainnya.

13. Tapak Dara

Tapak dara adalah salah satu dari bunga tanaman hias yang biasa diletakkan di depan rumah sebagai pemanis karena warna bunganya yang cantik. Tak hanya sedap dipandang, tapak dara juga menjadi salah satu obat untuk diabetes yang ampuh untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Telah banyak penelitian yang menguji khasiat tanaman ini salah satunya adalah Universitas Western dan Ontaria. Ditemukan bahwa hampir setiap bagian tanaman ini dapat dimanfaatkan sebagai obat. Tapak dara mengandung alkaloid anti kanker yang dapat menurunkan kadar gula dalam darah.

Cara pengolahan atau meramu tapak dara pun dapat dilakukan dengan cara berikut:

  • Cuci bersih daun tapak dara sebanyak 10 hingga 16 lembar
  • Rebus dengan takaran air sebanyak 3 gelas
  • Tunggu hingga mendidih dan tersisa sampai menjadi 1 gelas
  • Saring air rebusan tersebut dan diamkan hingga dingin
  • Minum secara rutin sebanyak dua kali dalam sehari (pagi dan sore)

Itulah penjelasan dari diabetes tipe 1 mulai dari pengertian, gejala, penyebab, pencegahan dan cara pengobatan baik dari segi medis maupun tradisional. Bagi anda yang mungkin mengalami gejala seperti yang dijelaskan pada artikel ini maka anda perlu melakukan konsultasi dengan dokter. Apabila anda adalah penderita diabetes tipe 1 maka anda disarankan untuk melakukan pengobatan seperti yang dijelaskan pada artikel ini.

Namun, untuk pengobatan secara tradisional atau dengan tanaman yang telah diuraikan. Anda perlu untuk mengkonsultasikannya dengan dokter, agar dokter yang memeriksa anda mengetahui apa saja makanan yang anda konsumsi. Selain itu anda juga harus sering mengontrol kadar gula dalam darah anda agar pemberian obat dan konsumsi makanan dapat diturunkan dosisnya.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Pengobatan
Search
Doctors Talk

Diabetes Melitus merupakan penyakit yang harus dihindari, karena menyerang berbagai organ vital dalam tubuh manusia, yang tentunya dapat menyebabkan kematian. dr. Jimmy Lumanau menjelaskan A-Z mengenai diabetes melitus yang wajib anda pahami.