Sponsors Link

7 Jenis Buah untuk Diet Diabetes Melitus

Sponsors Link

Diet diabetes adalah diet yang dilakukan oleh penderita diabetes melitus agar asupan nutisinya terpenuhi tanpa memberikan pengaruh buruk terhadap kadar gula darah. Banyak penderita awam yang tidak menghindari pengonsumsi buah-buahan dalam diet diabetes mereka. Buah dikenal memiliki rasa manis dan tentu saja terdapat kandungan gula dan karbohidrat yang bisa membuat gula darah tidak stabil.

ads

Padahal beberapa buah merupakan jenis makanan untuk menormalkan gula darah dan baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus. Di sisi lain, buah juga memiliki kandungan mineral yang tidak bisa Anda dapatkan dari bahan makanan lainnya. Hal paling penting adalah, buah tersebut memiliki kandungan karbohidrat serta indeks glikemik yang rendah seperti 8 buah untuk diet diabetes tersebut.

  1. Buah Apel

Buah apel dengan indeks glikemik yang bervariasi pada kisaran 28 hingga 48 adalah buah yang cocok untuk dijadikan sebagai buah untuk diet diabetes. Buah ini merupakan camilan yang kaya akan nutrisi dan manfaat. Mengonsumsi buah apel setiap hari akan membuat utuh Anda tetap sehat kendati terdapat kadar karbohidrat sebanyak 21 gram di dalamnya. Selain itu, apel memiliki kandungan serat yang tinggi dan merupakan sumber vitamin C yang kaya. Ketika mengonsumsi buah ini, jangan kupas kulitnya sebab terdapat kandungan antioksidan yang tinggi pada bagian tersebut.

  1. Buah Berry

Superfood yang bisa Anda temukan dari jenis buah-buahan adalah jenis beri-berian. Beruntunglah jinak Anda menyukai buah beri seperti strawberry, blueberry dan berry-berry lainnya. Buah ini merupakan jenis buah untuk diet diabetes yang paling direkomendasikan. Di dalamnya, buah berry memiliki kandungan antioksidan, vitamin, dan serta yang kaya. Jangan takut gula darah sewaktu Anda tidak stabil, sebab indeks glikemik dari berry-berryan sangatlah rendah. Selain bisa dikonsumsi secara langsung, jenis berry-berryan adalah makanan pentup atau dessert yang cocok bagi penderita diabetes terutama jika dikonsumsi menjadi yoghurt tanpa gula tambahan.

  1. Buah Persik

Untuk membantu Anda mendapatkan proses metabolisme yang baik, maka menjadikan buah persik sebagai buah untuk diet diabetes adalah keputusan yang benar. Buah persik juga kaya akan potasium yang baik untuk tubuh. Tidak hanya potasium, buah persik mengandung vitamin A, vitamin C, dan tentu saja serat. Selain nikmat dikonsumsi secara langsung, buah persik juga nikmat dikombinasikan dengan lob-fat buttermilk, potongan es, dan tambahan kayu manis atau jahe.

  1. Buah Kiwi

Selain buah persik, buah kiwi juga memiliki kandungan potasium yang cukup tinggi. Selain itu, kandungan mineral yang bisa Anda temuakn dari buah kiwi adalah serat dan vitamin C. Buah kiwi adalah salah satu superfood bagi penderita diabetes yang baik dijadikan sebagai buah untuk diet diabetes Anda sehari-hari. Dalam satu potongan besar buah kiwi terdapat sekitar 13 gram karbohidrat dan 56 kalori yang baik sebagai sumber energi tanpa menaikkan kadar gula darah. Jus kiwi juga merupakan jus buah yang aman untuk penderita diabetes jika diolah dengan benar.

  1. Buah Pir

Selain mengandung serat yang baik, buah pir juga merupakan sumber dari vitamin K. Buah ini merupakan buah untuk diet diabetes yang bisa Anda konsumsi setiap hari dalam pola makan yang benar untuk mencegah diabetes semakin tidak terkendali. Selain itu, buah pir memiliki kandungan antosianin dan antioksidan yang baik dalam menjaga tubuh Anda dari segala gangguan kesehatan selama mengatasi penyakit diabetes melitus. Buah ini juga mampu meningkatkan sensitivitas insulin di dalam tubuh Anda.

  1. Buah Jeruk

Buah dengan indeks glikemik yang rendah lainnya adalah jeruk. Buah ini hanya mengandung 15 gram karbohidrat dan 62 kalori. Selain itu, buah jeruk adalah sumber vitamin C yang kaya. Di dalamnya juga terdapat asam flat dan potasium yang baik dalam menormalisasi tekanan darah. Dengan demikian, bisa mengatasi kolesterol tinggi yang menyebabkan hipertensi. Sehingga, penyakit diabetes yang Anda derita tidak akan cukup parah untuk memicu komplikasi pada penyakit lain.

  1. Buah Aprikot

Mengonsumsi 4 buah aprikot setiap hari sama dengan memenuhi 50% kebutuhan tubuh Anda terhadap vitamin A. Buah yang memiliki cita rasa manis ini juga merupakan sumber serat yang tinggi terutama jika dikombinasikan dengan sereal dingin atau tos dan salad. Ada pun kalori yang bisa Anda dapatkan jika menjadikan aprikot sebagai buah untuk diet diabetes Anda adalah 17 kalori dengan 4 gram karbohidrat.

Selain mengonsumi buah, sayur juga kerap dimasukkan ke dalam menu diet penderita diabetes melitus. Sayur tidak kalah mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh Anda. Ada banyak cara mengonsumsi sayur seperti mengonsumsi sayur segar secara langsung, mengolahnya menjadi lauk, atau mengombinasikannya dengan bahan lain menjadi jus sayuran untuk penderita diabetes.

, , , ,



Oleh :
Search
Doctors Talk

Diabetes Melitus merupakan penyakit yang harus dihindari, karena menyerang berbagai organ vital dalam tubuh manusia, yang tentunya dapat menyebabkan kematian. dr. Jimmy Lumanau menjelaskan A-Z mengenai diabetes melitus yang wajib anda pahami.