Sponsors Link

5 Ikan Yang Baik Untuk Penderita Diabetes

Sponsors Link

Diabetes, merupakan salah satu penyakit yang akan sangat berhubungan dengan kadar gula darah yang ada didalam tubuh dan ketidak mampuan tubuh untuk bisa menghasilkan insulin dalam jumlah yang cukup, akibatnya akan memicu terjadi peningkatan pada gula darah. Asupan makanan merupakan salah satu faktor mengapa gula darah bisa meningkat, sehingga untuk para penderita diabetes akan selalu dianjurkan untuk menjaga asupan makanan. Lalu, apakah penderita diabetes boleh makan ikan? Berikut adalah 5 ikan yang baik untuk penderita diabetes.

ads

1. Ikan gabus

Pada sebuah penelitian dengan melakukan uji coba pada hewan, menghasilkan bahwa ekstrak yang ada pada ikan gabus diyakini bisa menurunkan kadar gula darah dan juga mampu memperbaiki jaringan pankreas yang mengalami kerusakan. Karena kerusakan pada jaringan pangkreas bisa mengakibatkan terjadinya kadar gula yang terlalu berlebihan di dalam darah. Sehingga ikan gabus merupakan salah satu ikan yang dinilai sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

2. Ikan nila

Ikan selanjutnya yang juga dinilai baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes adalah ikan nila. Ikan jenis ini merupakan ikan yang memiliki kandungan protein yang tinggi serta kandungan lemaknya yang sangat rendah sehingga membuat nila sangat cocok dikonsumsi penderita diabetes. Cara pengolahan ikan nila juga tidaklah sulit dan juga Anda tidak terlalu membutuhkan banyak bumbu tambahan. Anda cukup mengkukus atau bisa juga dipanggang dengan sayuran Anda sudah bisa mendapatkan cita rasa yang pas pada ikan nila tanpa harus mengganggu tujuan pengobatan diabetes.

3. Ikan salmon

Setelah ikan nila, yang juga sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes adalah ikan salmon. Ikan yang sangat terkenal dengan kandungan omega 3 ini sangat aman untuk dikonsumsi. Selain kandungan omega 3 yang baik untuk kesehatan, salmon juga diyakini mampu menjaga kadar gula darah normal agar tetap dalam keadaan normal. Salmon juga dinilai sangat baik untuk bisa meningkatkan kesehatan kulit, otak, hati dan juga organ tubuh lainnya.

4. Ikan halibut

Ikan halibut adalah salah satu jenis spesies flat fish yang sudah banyak tersebut di Samudara Pasifik Utara dan juga Atlantik. Ikan halibut merupakan salah satu jenis ikan yang juga memiliki kandungan vitamin cukup tinggi dan baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Pengolahan ikan halibut yang terbaik adalah dengan cara dikukus atau dipanggang, dan sebaiknya menghindari pengolahan dengan cara menggoreng untuk menghindari minyak yang mengandung lemak agar bisa memenuhi cara menurunkan diabetes dengan ikan.

5. Ikan tuna albakora

Siapa yang tidak mengenal ikan tuna? Tuna juga merupakan salah satu ikan yang sudah sangat terkenal, dan memiliki banyak kandungan baiknnya. Selain sangat enak untuk dijadikan lauk makan, tuna juga sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes seperti beberapa ikan yang sudah disebutkan sebelumnya. Mengkonsumsi ikan tuna tidak akan membuat kondisi gula darah Anda meningkat dengan tinggi dan tetap dalam keadaan yang stabil.

Sponsors Link

Itulah 5 ikan yang baik untuk penderita diabetes paling direkomendasikan untuk Anda penderita diabetes agar bisa dikonsumsi untuk menu makanan harian. Beberapa ikan diatas bisa dikonsumsi secara bergantian dengan aman tanpa perlu merasa khawatir pada kenaikan kadar gula darah. Anda juga bisa mengkonsumsi cemilan untuk penderita diabetes sebagai tambahan makanan setelah mengkonsumsi makanan pokok dengan aman. Namun, jika Anda masih merasa khawatir akan makanan yang baik untuk penderita diabetes, Anda bisa coba konsultasikan lebih dulu pada dokter sebelum mengkonsumsinya.

, ,
Search
Doctors Talk

Diabetes Melitus merupakan penyakit yang harus dihindari, karena menyerang berbagai organ vital dalam tubuh manusia, yang tentunya dapat menyebabkan kematian. dr. Jimmy Lumanau menjelaskan A-Z mengenai diabetes melitus yang wajib anda pahami.