Sponsors Link

Kadar Gula Darah Normal dan Tips Menjaganya Agar Stabil

Sponsors Link

Glukosa adalah salah satu gula atau molekul yang dinilai penting untuk sel darah merah dan juga saraf otak. Karena sel ini akan membutuhkan molekul lainnya untuk menjadi salah satu sumber energi. Mempunyai kadar gula darah yang normal dalam tubuh tentu dinilai sangat penting sebab bisa menjadi penunjang kinerja tubuh agar Anda tetap sehat. Pada dasarnya kadar gula darah yang termasuk normal tidak dapat berpatokan pada angka, karena kadar bisa saja berubah seperti saat sebelum dan juga sesudah makan.

ads

Selesai mengkonsumsi makanan, maka sistem pencernaan akan memecah karbohidrat menjadi gula atau pun glukosa yang bisa diserap oleh darah. Zat tersebut dinilai sangat penting sebagai salah sumber energi sel tubuh. Darah yang mengalirkan zat gula akan menunjukan sel tubuh sehingga akan mengubahnya menjadi energi. Namun zat gula haruslah bisa melewati pintu masuk untuk bisa sampai di sel tersebut. Salah satu hormon yang akan berperan untuk membuka pintunya adalah zat insulin yang dihasilkan oleh organ tubuh pangkreas. Berikut adalah pembahasan mengenai kadar gula darah normal dan tips menjaganya agar stabil.

Kadar gula darah normal:

  • Kadar gula darah normal sebelum makan: 70 sampai 130 mg/dL
  • 2 Jam selesai makan: >180 mg/dL
  • Selama puasa: >100 mg/dL

Efek Bila Gula Darah Tinggi

Akan sangat berbahaya jika ternyata gula darah dalam tubuh tinggi. Berikut adalah Efek samping jika ternyata gula darah meningkat:

  • Terjadi diabetes

Hormon insulin memiliki tugas untuk menjaga tingkat zat gula yang ada dalam darah. Namun saat tubuh tidak bisa merespon insulin dengan baik maka hal ini bisa mengakibatkan peningkatan gula darah dan memicu terjadinya penyakit diabetes melitus. Namun beberapa orang ada juga yang mengalami diabetes keturunan yang sulit disembuhkan.

  • Adanya gangguan pada sistem imun tubuh

Kadar gula darah yang meningkat secara terus menerus juga akan mengakibatkan lemahnya sistem imun dalam tubuh. Sehingga kemampuan seseorang untuk melawan adanya infeksi dalam tubuh akan menurun drastis, akibatnya penderita akan sangat rentan untuk terkena infeksi. Tujuan pengobatan diabetes salah satunya untuk memperbaiki sistem imun juga.

  • Terjadi kerusakan pada saraf

Gula darah yang tidak bisa dikontrol juga akan mempengaruhi pada kerusakan sistem saraf. Kompilasi kesehatan sangat berkaitan dengan diabetes yang sangat tidak bisa dikontrol.

  • Terjadi gangguan pada penglihatan

Jika kadar gula dalam tubuh berada dalam kisaran yang tidak normal kemudian tidak diatasi dalam waktu lama, biasanya akan memicu terjadinya masalah pada penglihatan, yang akan merusak bagian retina. Anda akan merasakan penglihatan yang kabur yang biasanya sering dianggap sebagai salah satu komplikasi diabetes yang akan mengakibatkan terjadinya kebutaan.

Tips Menjaga Gula Darah Agar Stabil

Sudah disebutkan beberapa efek samping jika ternyata gula darah dalam tubuh tidak stabil. Berikut adalah tips agar Anda bisa tetap menjaga gula darah tetap dalam keadaan stabil dan juga bisa dilakukan untuk cara menurunkan diabetes:

Sponsors Link

  • Memperhatikan berat badan

Agar kadar gula darah dalam tubuh tetap dalam keadaan stabil, sangat penting untuk Anda tetap menjaga bobot tubuh agar tetap dalam kondisi yang stabil. Karena biasanya mereka yang mempunyai berat badan terlalu berlebihan akan berpotensi terserang diabetes lebih tinggi. Anda juga sebaiknya mengkonsumsi gandum yaitu salah satu karbohidrat untuk penderita diabetes yang bisa menormalkan gula

  • Memperbaiki pola makan

Hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan agar menjaga gula darah dalam tubuh tetap dalam keadaan normal, sebaiknya Anda menjaga asupan makanan dan makanan yang harus dihindari penderita diabetes yang akan memicu kenaikan gula darah.

  • Konsumsilah cemilan sehat

Anda juga sebaiknya menjaga kondisi asupan gula ke dalam tubuh dengan cara menjaga cemilan dan menghindari cemilan yang memang memiliki kandungan gula terlalu tinggi.

Itulah pembahasan mengenai kadar gula darah normal dan tips menjaganya agar stabil. Sebaiknya Anda selalu menjaga keadaan gula darah agar tetap dalam keadaan normal sehingga tidak memicu terjadinya penyakit diabetes.

, ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan