Sponsors Link

9 Makanan untuk Penderita Ginjal dan Diabetes

Sponsors Link

Ginjal tidak dapat dianggap sebagai penyakit yang sepele, sama halnya dengan penyakit diabetes. Pasalnya orang dengan penyakit ini diharuskan menjaga asupan dengan mengonsumsi makanan sehat demi menjaga kondisi kesehatannya. Oleh karena itu, pada artikel ini akan dibahas mengenai makanan untuk penderita ginjal dan diabetes.

ads

Hubungan Diabetes dengan Kesehatan Ginjal

Ginjal memiliki berbagai fungsi penting seperti melepaskan hormon yang mengatur tekanan darah, menyaring limbah, menyeimbangkan cairan dalam tubuh, dan memproduksi urine. Terdapat beberapa hal yang menyebabkan ginjal rusak, seperti usia, merokok, obesitas, dan jenis kelamin. Saat ginjal tidak berfungsi secara optimal, limbah produk dapat menumpuk di dalam darah dan membuat tubuh sakit.

Nyatanya terdapat hubungan diabetes dan gagal ginjal. Menderita diabetes jangka panjang dapat meningkatkan risiko kerusakan ginjal. Apabila pembuluh darah di ginjal luka, maka organ tersebut tidak dapat membersihkan darah dengan baik.

Jika ginjal rusak, organ tersebut tidak dapat menyaring darah seperti seharusnya yang menyebabkan limbah terakumulasi di tubuh Anda. Tubuh akan menyimpan lebih banyak cairan dan garam daripada yang seharusnya. Hal ini dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan bengkaknya pergelangan kaki. Pahami juga komplikasi ginjal pada diabetes.

Diabetes sendiri merupakan salah satu penyebab utama penyakit ginjal. Banyak dari penderita diabetes yang memiliki penyakit ginjal mungkin tidak merasakan gejala apapun. Bagi Anda penderita diabetes, Anda semestinya melakukan skrinning secara teratur untuk penyakit ginjal setidaknya setahun sekali.

Makanan untuk Penderita Ginjal dan Diabetes

Terdapat beberapa jenis makanan yang baik untuk penderita ginjal dan diabetes. Sembilan makanan untuk penderita ginjal dan diabetes adalah:

  1. Blueberry

Blueberry memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, yakni antosianin. Antosianin ini membantu mengurangi risiko penyakit jantung, penurunan kognitif, diabetes, dan jenis kanker tertentu. Buah beri ini juga baik untuk penderita ginjal karena rendah sodium, fosfor, dan kalium.

  1. Kembang kol

Kembang kol mengandung nutrisi penting, seperti vitamin C, vitamin K, dan folat. Sayuran ini memiliki jumlah serat yang bagus untuk membantu pencernaan dan senyawa anti-inflamasi tertentu yang disebut indoles.

  1. Putih telur

Penderita penyakit ginjal lebih aman mengonsumsi bagian putih telur saja. Kuning telur memang sangat bergizi, tetapi juga mengandung banyak fosfor. Putih telur mengandung protein yang tinggi, tetapi rendah fosfor. Bagian putih telur sering direkomendasikan untuk orang yang menjalani dialisis karena membutuhkan protein lebih tinggi.

  1. Anggur

Boleh tidak makan anggur untuk penderita diabetes. Hampir sama dengan blueberry, anggur juga mengandung banyak nutrisi. Kandungan vitamin C dan antioksida flavonoid dapat mengurangi peradangan. Buah anggur juga ramah bagi ginjal.

  1. Ayam tanpa kulit

Bagi Anda penderita penyakit ginjal, Anda perlu membatasi asupan protein ke dalam tubuh. Dada ayam tanpa kulit merupakan salah satu sumber protein yang baik. Dada ayam tanpa kulit mengandung lebih sedikit fosfor, kalium, dan natrium. Pilihlah ayam segar dan hindari yang dibakar, karena dapat mengandung banyak natrium dan fosfor. Anda lebih baik mengonsumsi tiga ons dada ayam tanpa kulit yang mengandung 216 mg kalium, 63 mg sodium, dan 192 mg fosfor.

Sponsors Link

  1. Ikan kakap putih

Ikan kakap putih direkomendasikan untuk penderita penyakit ginjal. Ikan ini mengandung protein berkualitas tinggi yang mengandung lemak omega-3 sehat dengan tingkat fosfor yang lebih rendah dibandingkan makanan laut lainnya. Konsumsi ikan ini dalam jumlah sedang. Anda juga dapat mengonsumsi jenis ikan laut untuk penderita diabetes dan ikan lele untuk penderita diabetes.

  1. Kubis

Kubis mengandung vitamin dan mineral. Kubis merupakan sayuran yang menjadi sumber vitamin K, vitamin C, vitamin B, dan asam folat. Sayuran ini juga mengandung serat tidak larut yang dapat menjaga sistem pencernaan tetap sehat. Serat tidak larut mempromosikan gerakan usus secara teratur dan menambhkan curah ke tinja. Kubis termasuk sayuran yang rendah kalium, fosfor, dan natrium. Dalam 70 gram kubis parut mengandung kalium sebanyak 119 mg, sodium sebanyak 13 mg, dan fosfor sebanyak 18 mg.

  1. Bawang putih

Bawang putih mengandung vitamin B6, vitamin C, mangan, dan senyawa sulfur tertentu yang anti-inflamasi. Bawang putih dapat menciptakan aroma harum pada masakan dan bebas natrium. Masalah ginjal membutuhkan pengurangan natrium, sehingga bawang putih menjadi alternatif yang bagus bagi Anda penderita ginjal.

  1. Nanas

Nanas menjadi buah yang baik nanas mengandung kalium rendah yang baik bagi para penderita ginjal. Nanas kaya akan serat, vitamin B, mangan, bromelain, dan enzim yang membantu mengurangi peradangan.

Setiap 165 gram potongan nanas mengandung sodium sebanyak 2 mg, kalium sebanyak 180 mg, dan fosfor sebanyak 13 mg. Bagi Anda penderita diabetes, Anda perlu menghindari buah menaikkan kadar gula dan buah berbahaya buat diabetes.

Inilah penjelasan mengenai 9 jenis makanan untuk penderita ginjal dan diabetes. Semoga bermanfaat.

, ,



Oleh :
Search
Doctors Talk

Diabetes Melitus merupakan penyakit yang harus dihindari, karena menyerang berbagai organ vital dalam tubuh manusia, yang tentunya dapat menyebabkan kematian. dr. Jimmy Lumanau menjelaskan A-Z mengenai diabetes melitus yang wajib anda pahami.