Sponsors Link

4 Jenis Makanan untuk Penderita Diabetes Kering

Sponsors Link

Istilah diabetes bukan lagi hal yang asing di telinga anda pastinya apalagi jika dilingkungan anda terdapat beberapa orang yang menderita penyakit ini. Istilah penyakit diabetes sudah menjadi hal yang sangat dikenal di masyarakat yakni dengan istilah penyakit gula darah. Penyakit diabetes sendiri terdapat istilah diabetes kering dan diabetes basah didasari dari perbedaan kadar gula yang berada didalam darah masing – masing penderita.

ads

Istilah diabetes kering dan diabetes basah tidak terdapat dalam dunia medis karena pada umumnya diabetes terbagi menjadi tiga yaitu diabetes gestasional selama masa kehamilan, diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Namun apapun jenisnya penyakit diabetes tetap saja menandakan bahwa gula darah pada penderitanya lebih tinggi dari kadar normal biasanya. Diabetes basah dan diabetes kering adalah istilah dalam masyarakat dalam merujukan suatu kondisi lama luka yang dialami oleh penderita diabetes.

Diabetes merupakan penyakit yang sering di alami oleh sebagian besar manusia yang di sebabkan karena kebanyakan gula di dalam tubuhnya. Ada dua macam jenis diabetes yaitu diabetes kering dan diabetes basah. Berikut ini perbedaan diabetes kering dan basah:

Diabetes kering

Pada kasus diabetes kering terjadi akibat adanya kerusakan pada pembuluh darah yang mengakibatkan hiperglikemia dengan jangka waktu yang cukup panjang yang mana kondisi seperti ini menjadikan sirkulasi darah terganggu dan tentu saja berdampak luka yang susah untuk kering. Peredaran darah yang mengalami gangguan berakibat pada penghambatan oksigen dan nutrisi jaringan sekitar luka. Hal ini yang menyebabkan luka tidak cepat sembuh bahkan yang lebih fatal jaringan sekitar luka akan mati.

Pada kasus diabetes kering ini seseorang akan mengalami penurunan berat badan sehingga tubuhnya akan nampak kurus, hal ini akibat penggunaan lemak sebagai pengganti tenaga dikarenakan hormon insulin tidak bisa mencegah glukosa menjadi tenaga kebanyakan orang menyebut kondisi seperti ini sebagai diabetes kering

Diabetes basah

Sebenarnya diabetes basah merupakan kondisi kelanjutan dari diabetes kering menuju diabetes tipe 2 dalam tahap lanjutan. Kondisi ini tentu saja sama dengan kondisi diabetes kering melainkan jika kondisi diabetes basah kadar gula darah dalam tubuh tentunya lebih tinggi dari kadar gula darah yang terdapat pada penderita diabetes kering. Biasanya penyakit diabetes basah ini lebih sering ditemui oleh orang – orang yang sudah lanjut usia dengan keadaan berat badan yang terlalu tinggi.

Tentu saja kadar gula yang sangat tinggi pada diabetes basah adalah penyebab utama luka yang diderita sulit disembuhkan dan biasanya terdapat infeksi pada luka yang dialami penderita yang mana infeksi ini berada pada jaringan otot, kulit dan saraf. Infeksi yang terjadi pada luka diakibatkan oleh bakteri clostridium perfingens dan bacillus fusiformis. Bakteri ini yang berkembang biak pada luka yang diderita sehingga menyebabkan infeksi yang cukup parah. Berbeda dengan diabetes kering, diabetes basah akan menyebabkan luka sulit mengering bahkan akan bertambah parah dan membusuk.

Dengan penjelasan di atas maka kita harus menjaga kesehatan tubuh kita supaya terhindar dari penyakit-penyakit yang tidak di inginkan, terutama penyakit diabetes seperti yang sudah di jelaskan di atas kita harus menjaga kadar gula yang ada di dalam tubuh kita supaya tidak terkena penyakit diabetes. Kita juga harus bisa mengatur kadar gula yang ada di dalam tubuh kita supaya tidak berlebihan dengan cara olahraga rutin dan batasi makanan yang manis-manis supaya kadar gula yang ada di tubuh kita tetap terjaga. Dengan kita menjaga kesehatan tubuh kita akan terhindar dari penyakit.

Penyakit diabetes ini cukup banyak menyerang orang-orang yang suka dengan makanan yang serba manis yang tidak bisa mengkontrol kadar gula dalam tubuh dan tidak diimbangi dengan olahraga sehingga menyebabkan penyakit diabetes. Maka dari itu mulai dari sekarang kita harus menjaga kadar gula yang ada di dalam tubuh supaya terhindar dari penyakit diabetes entah itu diabetes basah maupun diabetes kering dan perbanyak minum air putih supaya hidup lebih sehat lagi.

Lalu makanan apa yang dapat dikonsumsi untuk penderita diabetes kering?

Sebenarnya baik diabetes basah maupun diabetes kering sama dalam jenis makanan yang dapat dikonsumsi tapi tentu saja  pada penderita diabetes kering makanan sangat berpeluang besar menentukan apakah diabetes kering akan sembuh atau berlanjut ke diabetes basah.

Sponsors Link

  1. Buah

Buah – buahan ini memang memiliki kadar glukosa alami tapi tetap saja terdapat vitamin dan kandungan yang lain untuk penyembuhan penyakit diabetes. Beberapa contoh buah – buahan yang diperbolehkan jeruk bali, sitrun, mentimun, jeruk nipis dan avocado. Buah – buahan tersebut dipercaya memiliki kandungan gula yang cukup sedikit ini bisa anda buktikan jika anda mengkonsumsinya anda tidak akan menemukan rasa manis yang terlalu berlebihan.

  1. Sayuran

Selain buah – buahan ada juga sayuran yang pastinya setiap orang mengkonsumsinya termasuk para penderita diabetes kering. Sayuran ini kaya akan nutrisi yang terkandung dan tidak terbantahkan jika nutrisi dalam sayuran dapat mencegah beberapa penyakit bahkan ada pula yang dapat meringankan penyakit. Sayuran ini sangat mempengaruhi asupan penderita diabetes karena sayuran tentu saja hidangan yang pokok disetiap rumah. Beberapa jenis sayuran yang bernutrisi dan memiliki kadar gula yang rendah seperti kubis, brokoli, mentimun, tomat, kubis, lettuce, selada dan juga pepaya sayur.

  1. Protein nabati

Protein nabati yang sering ditemui pada hidangan pastinya tahu dan tempe, kedua sumber protein tersebut terbuat dari sari kedelai yang diproses sedemikian rupa menjadi tahu dan tempe. Kedua makanan tersebut diyakini memiliki kadar gula yang sangat rendah sehingga dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes.

4. Susu

Jenis susu untuk penderita diabetes ini tentu saja susu yang rendah akan pemanis buatan seperti susu cap beruang atau yang dikenal dengan susu Bear Brand. Susu cap beruang ini tidak memiliki kandungan gula ataupun pemanis buatan sehingga bagi anda yang memiliki penyakit diabetes kering minuman ini sangat aman untuk anda dan beberapa kasus membuktikan dengan rutin minum susu cap beruang mencegah terjadinya diabetes yang berkelanjutan.

Itulah beberapa makanan untuk penderita diabetes kering yang bisa dikonsumsi. Semoga info ini bermanfaat.

, ,
Search
Doctors Talk

Diabetes Melitus merupakan penyakit yang harus dihindari, karena menyerang berbagai organ vital dalam tubuh manusia, yang tentunya dapat menyebabkan kematian. dr. Jimmy Lumanau menjelaskan A-Z mengenai diabetes melitus yang wajib anda pahami.