Sponsors Link

Kenapa Obesitas Dapat Menyebabkan Diabetes Melitus?

Sponsors Link

Beberapa dari anda mungkin bertanya – tanya apakah obesitas sangat dapat menyebabkan terjadinya diabetes, jika demikian mari kita simak penuturan berikut ini. Kenapa obesitas dapat menyebabkan diabetes melitus?

ads

Obesitas merupakan kondisi dimana seseorang memiliki kegemukan yang diakibatkan karena kadar lemak dalam tubuh terlalu tinggi sehingga menyebabkan beberapa masalah dalam tubuh baik organ tubuh bagian dalam maupun luar.

Obesitas terjadi akibat seseorang mengkonsumsi makanan yang mengandung kalori terlalu tinggi tapi tidak diiringi olahraga ataupun aktivitas gerak badan yang cukup untuk menyeimbangkan dan membakar kalori dalam tubuh. Kebutuhan rata – rata kalori tiap hari orang dewasa yang aktif baik  laki – laki dan perempuan tentu sangat berbeda, jika seorang lelaki dewasa yang aktif setiap hari membutuhkan kalori sebanyak 2500 sedangkan jika perempuan dewasa yang aktif hanya memerlukan kalori 2000 per hari.

Obesitas atau kegemukan berat badan ini banyak ditemui di negara yang maju dan negara berkembang karena biasanya kriteria negara tersebut memiliki tingkat kesejahteraan lebih tinggi sehingga pasokan pangan mudah untuk diperoleh. Masalah dalam obesitas sudah pasti mengenai kelebihan konsumsi pada makanan yang memiliki kalori dan lemak melampui batas maksimum per hari. Kalori yang tidak menjadi energi tersebut yang akan menjadi lemak mengendap didalam tubuh.

Kalori yang tidak berubah menjadi energi ini dikarenakan oleh ketidak adanya aktivitas dalam sehari – hari untuk membakar kalori dalam tubuh berbentuk energi. Namun ada beberapa faktor lain yang menyebabkan terjadinya obesitas selain dari pola makan dan kurangnya olahraga atau aktivitas gerak.

Berikut ini beberapa faktor yang dapat menyebabkan terjadinya obesitas yang perlu anda ketahui :

1. Efek samping obat – obatan

Ada beberapa jenis obat yang dapat menimbulkan kenaikan berat badan pada para pengonsumsinya contohnya :

  • Antipsikotik

Antipsikotik merupakan obat – obatan yang digunakan oleh beberapa dokter untuk pasiennya yang menderita gangguan jiwa atau juga dapat menangani gejala seperti bipolar, kecemasan berlebihan dan penyakit kejiwaan lainnya.

  • Antidepresan

Antidepresan ini hampir sama dengan obat antipsikotik karena fungsi obat ini digunakan untuk penderita depresi, fobia dan kecemasan berlebihan. Obat ini dapat mengubah suasana hati seseorang lebih stabil dari sebelumnya.

  • Antikonvulsan

Antikonvulsan merupakan obat yang biasa digunakan oleh penderita nyeri saraf pada bagian tubuh tertentu dan obat ini juga mampu menstabilkan sel saraf sehingga penderita tidak mengalami kejang atau bisa disebut obat ini berfungsi untuk mencegah kejang terjadi saat saraf pada tubuh tidak stabil.

  • Kortikosteroid

Kortikorsteroid merupakan obat untuk menekan kerja sistem tubuh yang  terlalu melampui batas, merendahkan peradangan inflamasi dan selain itu obat ini mengandung hormon steroid yang berguna untuk menambah kadar steroid pada tubuh jika diperlukan.

Dan masih banyak lagi obat – obatan disekitar kita yang menyebabkan terjadinya obesitas atau kegemukan yang berlebihan pada badan.

2. Genetik

Faktor ini merupakan faktor bawaan dari lahir. jika diterapkan pada penyakit obesitas maka ada kemungkinan besar jika salah satu atau bahkan beberapa dari anggota keluarga anda yang menderita penyakit obesitas anda memiliki peluang menderita obesitas juga.

3. Usia yang makin bertambah

Pertambahan usia juga memiliki andil dalam penyebab terjadinya obesitas karena hal ini diyakini bahwa semakin tua usia seseorang akan semakin menurun metabolisme tubuh dan masa otot akan semakin berkurang.

4. Kehamilan

Salah satu faktor lain penyebab obesitas adalah kehamilan karena pada saat masa kehamilan seseorang akan berlomba – lomba memperbanyak nutrisi yang berguna untuk sang janin namun saat melahirkan orang tersebut akan sulit dalam menurunkan berat badannya kembali.

Sponsors Link

5. Kurangnya tidur

Pasti anda salah satu orang yang sulit memiliki waktu untuk tidur  namun perlu anda ketahui dalam beberapa kasus seseorang yang kurang tidur memiliki nafsu makan lebih dari rata – rata.

Namun apakah penderita obesitas dapat juga terkena penyakit diabetes? sebelum anda mengetahui jawabannya mari kita simak beberapa penyebab seseorang dapat terkena diabetes. Berikut beberapa faktor yang menyebabkan seseorang terkena diabetes :

  • Stres

Kondisi pikiran yang tidak stabil  atau stres yang berlebihan memicu terjadinya penyakit diabetes, stres pada jaman sekarang bukan hanya diderita oleh orang dewasa melainkan lebih banyak anak muda yang memiliki stress berlebihan. Stres ini yang akan memicu seseorang memakan makanan yang manis sehingga dapat menimbulkan diabetes.

  • Rokok dan alkohol

Kedua benda ini jika dikonsumsi akan menjadikan metabolisme tubuhmu menurun serta produksi insulin akan mengalami kerusakan.

  • Infeksi virus

Infeksi yang diakibatkan oleh virus ini akan merusak sel – sel baik dalam tubuh dan sel – sel yang masih berusia muda akibatnya merusak respon autoimun sehingga menimbulkan diabetes.

  • Disfungi pankreas

Pada kondisi ini terjadi akibat pankreas tidak mampu memproduksi insulin dimana insulin pada tubuh berguna untuk mengubah atau memecahkannya menjadi energi artinya jika pankreas tidak mampu memproduksi atau tidak sama sekali memproduksi insulin akan menyebabkan kadar gula meningkat sehingga terjadilah penyakit diabetes. Disfungsi pankreas lebih banyak terjadi pada penderita diabetes tipe 1.

  • Pola makan dan kurang gerak

Pola makan disini yang menyebabkan diabetes tentu saja pola makan yang tidak sehat, sudah bukan hal yang asing lagi jika pola makan yang tidak sehat menimbulkan beberapa hal buruk diantaranya adalah diabetes. Pola makan  yang tidak sehat seperti junk food, junk food atau biasa yang ,kita kenal seperti makanan cepat saji tentu saja didalamnya mengandung gula darah yang banyak dan juga kolesterol yang tinggi karena makanan ini bisa dikatakan makanan tidak fresh. Selain itu kurang gerak atau aktivitas juga menyebabkan terjadinya ketidakseimbangan dalam glukosa darah sehingga terjadilah diabetes.

  • Obesitas

Selain faktor yang telah disebutkan diatas ada juga obesitas yang menyebabkan diabetes, menurut penuturan dr. Yusi Capriyanti obesitas sangat mempengaruhi terjadinya diabetes yakni diabetes tipe 2. Yang terjadi pada diabetes melitus tipe 2 ini akibat resistensi insulin pada sel – sel otot dalam tubuh yang menyebabkan insulin tidak mampu mengirimkan gula ke otot dan bagian lain sehingga kadar gula darah menumpuk semakin hari meningkat ini lah yang menyebabkan terjadinya diabetes.

Dari penuturan Ini mungkin sudah menjawab pertanyaan anda mengenai kenapa obesitas dapat menyebabkan diabetes dan tentu saja jawabannya obesitas sangat mempengaruhi diabetes.

, ,



Oleh :
Kategori : Penyebab
Search
Doctors Talk

Diabetes Melitus merupakan penyakit yang harus dihindari, karena menyerang berbagai organ vital dalam tubuh manusia, yang tentunya dapat menyebabkan kematian. dr. Jimmy Lumanau menjelaskan A-Z mengenai diabetes melitus yang wajib anda pahami.