Sponsors Link

Kandungan dan Jenis Susu untuk Diabetes Kering

Sponsors Link

Bagi penderita diabetes, tentunya tidak boleh sembarangan dalam mengkonsumsi makanan atau minuman yang masuk ke dalam tubuhnya. Sangat penting untuk memperhatikan kadar gula dan kalori dalam makanan dan minuman tersebut agar jangan sampai menjadi makanan penyebab naiknya gula darah. Namun sayangnya, masih banyak penderita diabetes yang tidak mengetahui makanan dan minuman apa yang baik untuk dikonsumsi. Salah satunya seperti susu, minuman ini masih menjadi perdebatan oleh banyak orang, apakah baik dikonsumsi bagi penderita diabetes atau tidak. Nah pada kali ini akan dijelaskan tentang susu untuk diabetes kering serta aturan untuk konsumsinya.

ads

Seperti yang diketahui, susu menjadi salah satu minuman yang baik bagi kesehatan. Hal ini karena kandungan nutrisi yang cukup lengkap, mulai dari vitamin D, kalsium, dan potasium. Sebuah peneltiain yang dipublikasikan oleh Jurnal Diabetes Care menjelaskan jika susu dapat membantu menurunkan berat badan. Padahal pada penderita diabetes, menjaga berat badan tetap ideal menjadi kunci utama untuk menjaga kondisi tetap sehat dan menghindarkan terjadi komplikasi.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Journal of the American College of Nutrition merekomendasikan bagi penderita diabetes mengkonsumsi 2-3 gelas susu setiap harinya. Selain susu cair, mousse, yoghurt tanpa gula, hingga parfait buah dapat menjadi pilihan makanan untuk penderita diabetes kering. Hanya saja akan lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi susu untuk memastikan jika makanan atau minuman yang anda konsumsi memang aman.

Hingga kini, susu memang menjadi salah satu minuman dengan sumber kalsium terbaik. Kandungan nutrisi lainnya yang ada di dalamnya juga dibutuhkan oleh tubuh. Namun bagi penderita diabetes, mengkonsumsi susu tidak semudah yang dibayangkan. Ada beberapa kandungan susu yang malah bisa memperburuk kondisi kesehatan. Inilah mengapa pemilihan susu untuk diabetes kering perlu diperhatikan baik. Saat memilih susu, anda bisa melihat kandungan-kandungan di dalamnya. Setidaknya kandungan nutrisi di dalam susu yang ada di bawah inilah yang harus dibutuhkan bagi penderita diabetes:

1. Kalsium

Dapat dikatakan jika kalsium menjadi salah satu nutrisi yang paling banyak ditemukan dalam susu. Kalsium menjadi zat yang sangat penting dalam menjaga kesehatan tulang dan mengurangi resiko pengeroposan. Tentunya di usia senja nantinya, anda tidak ingin bukan mengalami osteoporosis dan diabetes? Untuk itulah konsumsi susu untuk memenuhi kebutuhan kalsium.

2. Vitamin D

Agar penyerapan zat kalsium menjadi lebih optimal, maka tubuh membutuhkan asupan vitamin D, yang bisa dijumpai pada produk susu. Sehingga pastikan jika anda memilih jenis susu yang mengandung vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang.

3. Protein

Nutrisi lainnya yang dibutuhkan tubuh dalam menjaga daya tahan tubuh adalam asupan protein. Dengan banyaknya larangan makanan yang tidak diperbolehkan bagi penderita diabetes, maka akan sangat sulit untuk memenuhi kebutuhan protein. Dan karena itulah susu dengan kandungan protein menjadi hal yang diharuskan bagi penderita diabetes.

4. Magnesium

Menyeimbangkan gula darah di dalam tubuh menjadi kunci penting dalam menjaga kesehatan bagi penderita diabetes. Dan hal ini adalah manfaat dari magnesium, yang menjadi mineral penting yang sering ditemukan dalam susu. Pada penderita diabetes, kandungan mineral ini cukup tinggi bahkan bisa mencapai 60 mg.

Melihat pro dan kontra tentang susu untuk diabetes, memang sulit untuk menentukan susu manakah yang aman sebagai minuman diabetes penurun gula darah. Susu untuk penderita diabetes kering yang terbaik sebenarnya dapat dikatakan bervariasi, tergantung dari kondisi masing-masing individu. Sebab hal ini dipengaruhi kebutuhan asupan karbohidra setiap hari maupun kegemaran seseorang pada rasa tertentu. Dan di bawah ini ada beberapa pilihan jenis susu yang cukup umum ditemui di pasaran:

  • Susu Sapi (whole milk)
  • Susu Skim
  • Susu Kedelai
  • Susu Beras (rice milk)
  • Susu Kelapa (coconut milk)
  • Susu Almond (almond milk)
Sponsors Link

Susu menjadi sumber kalsium yang sangat baik bagi penderita diabetes. Menurut American Diabetes Association dan U.S Departement of Agriculture, susu sapi bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes. Namun karena terdapat hubungan diabetes dan jantung, maka anda perlu untuk memilih susu yang tepat. Susu yang memiliki kandungan karbohidrat, lemak, dan gula yang tinggi merupakan jenis susu yang harus dihindari.

Selain itu Constance Brown-Riggs, MSEd, CDE, RD, CDN, penulis buku The African American Guide to Living Well with Diabetes dan pembicara Academy of Nutrinition and Dietetics menjelaskan jika susu rendah lemak adalah jenis susu untuk penderita diabetes. American Diabetes Association memberikan rekomendasi 2-3 gelas susu rendah lemak dalam setiap harinya. Susu rendah lemak merupakan sumber protein dan kalsium yang sangat baik bagi kesehatan penderita diabetes.

Selain itu, pemilihan susu juga dilihat dari kondisi masing-masing penderita diabetes. Jika dilihat dari daftar pilihan susu diatas, jenis susu beras mempunyai kadar karbohidrat yang tinggi, kemudian diikuti susu sapi dan susu skim. Jika tujuan anda untuk membatasi asupan karbohidrat, maka susu almond menjadi pilihan yang terbaik karena di dalamnya hampir tidak ada kandungan karbohidrat. Namun jenis susu ini memiliki kandungan protein yang sedikit. Susu kelapa juga memiliki rendah karbohidrat, namun kandungan lemak tinggi dan tidak ada kandungan protein.

Jika anda ingin membatasi asupan karbohidrat namun tetap ingin mendapat asupan kalsium dan protein yang cukup, maka pilihan yang terbaik adalah susu kedelai. Dan jika anda ingin membatasi konsumsi lemak, maka anda bisa memilih mengkonsumsi susu skim. Bagi penderita diabetes yang memiliki alergi terhadap susu sapi, maka susu kedelai atau susu almond menjadi pilihan yang aman. Karena keduanya memiliki kalori dan karbohidrat yang rendah namun kaya kalsium.

Sebenarnya semua jenis susu aman dikonsumsi bagi penderita diabetes. Asalkan anda mengerti cara menghitung serta membatasi asupan zat karbohidrat harian. Dan yang terpenting adalah selalu periksa fakat nutrisi di dalam kemasan susu. Konsumsi susu dalam batasan yang wajar, kurang lebih 2 gelas susu dalam sehari.

, , ,



Search
Doctors Talk

Diabetes Melitus merupakan penyakit yang harus dihindari, karena menyerang berbagai organ vital dalam tubuh manusia, yang tentunya dapat menyebabkan kematian. dr. Jimmy Lumanau menjelaskan A-Z mengenai diabetes melitus yang wajib anda pahami.