Sponsors Link

25 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Diabetes (#Terlengkap)

Sponsors Link

Penderita diabetes harus memperhatikan asupan karbohidrat dan makanan berkolesterol tinggi yang dikonsumsi, bukan hanya sebatas asupan gula dari makanan atau minuman manis. Menurut studi (penelitian), ada beberapa buah dan sayuran yang berbahaya bagi penderita diabetes. Daftar panjang kategori makanan yang harus dihindari oleh penderita diabetes mungkin membuat penderita diabetes kesal karena beberapa jenis makanan sangat susah untuk dihindari. Jika ingin sembuh atau kondisi tubuh tidak membahayakan, penderita diabetes harus mengontrol pola makan yang sehat dan sesuai dengan ketentuan dokter. Hanya kemauan keras yang dapat membuat semua menjadi mudah. (Baca Juga : Gejala Awal Diabetes)

ads

Makanan yang Harus Dihindari Penderita Diabetes

Melakukan pantangan makanan dan minuman bertujuan untuk menjaga kondisi gula darah dan kondisi tubuh keseluruhan. Hal-hal yang harus dilakukan antara lain mengikuti anjuran makan yang telah direkomendasikan oleh dokter, menjalankan pola hidup sehat seperti berolahraga, mengurangi stres dan makan makanan sehat. Berikut ini beberapa makanan yang dilarang untuk penderita diabetes agar kondisinya membaik.

1. Kue manis

Makan kue-kue manis menjadi kebiasaan banyak orang. Hal tersebut tidak apa bagi yang sehat, namun untuk penderita diabetes, kue manis menjadi ancaman yang serius. Kue manis pasti mengandung gula berupa gula putih, gula merah atau coklat maupun bahan pemanis pengganti gula seperti sakarin. Gula dapat membuat kadar gula dalam darah naik karena penderita diabetes tidak memiliki insulin yang cukup untuk mengolah gula. Jika penderita diabetes ingin memakan kue maka pilih kue yang khusus dibuat untuk penderita diabetes.

2. Buah kering (kemasan)

Jika membeli  buah untuk penderita diabetes, maka jangan membeli semua jenis buah kering. Buah kering seperti kismis, aprikot dan jenis buah lain yang diolah dengan menambahkan beberapa bahan seperti pemanis. Semua buah kering yang dikemas dalam plastik atau kaleng menggunakan bahan pengawet dan perasa makanan. Buah kering tidak hanya membuat gula darah naik tetapi juga resiko dehidrasi akibat rasa haus setelah konsumsi rasa manis dari buah kering. Lebih baik memilih buah segar seperti jeruk, melon, stroberi dan apel.

3. Jus buah kemasan

Jus buah kemasan memang lebih lezat dari jus buah asli terlebih saat dingin karena diletakkan di dalam kulkas tentunya bisa membuat penderita diabetes tertarik untuk meminumnya. Bagi penderita diabetes, semua jenis jus buah kemasan tidak boleh diminum. Jus buah kemasan memiliki rasa manis dari gula atau bahan pemanis buatan dan bahan pengawet yang menjadi racun untuk tubuh terutama bagi penderita diabetes. Bahkan ada buah kemasan yang memiliki kandungan soda sehingga membuat metabolisme tubuh terganggu. (Baca Juga : Gejala Diabetes Melitus)

4. Jus buah dengan gula

Penderita diabetes boleh minum jus saat bosan dengan makan buah segar. Namun jus buah tidak boleh ditambah gula baik itu gula putih atau pemanis buatan karena bisa meningkatkan kadar gula darah yang sangat cepat seperti minuman manis lainnya.

5. Susu dengan Lemak

Ketika penderita diabetes ingin minum susu maka susu yang diminum harus susu rendah lemak (low fat) agar susunya tidak manis. Namun pada kenyataannya, para penderita diabetes lebih sering minum susu biasa yang berlemak atau malah susu dengan krim. Susu biasa pada umumnya dapat meningkatkan kadar gula dengan sangat cepat dan terdapat lemak jenuh di dalamnya sehingga masalah komplikasi akibat resistensi insulin dalam tubuh terjadi. Beberapa produk makanan seperti es krim, yogurt dengan lemak, keju dan krim juga dilarang bagi penderita diabetes.

6. Nasi Putih

Makanan yang Harus Dihindari Penderita Diabetes selanjutnya adalah nasi putih. Orang Indonesia pasti terbiasa makan nasi putih setiap hari. Namun nasi putih harus dihindari oleh penderita diabetes. Nasi putih mengandung karbohidrat berupa gula yang tinggi sehingga masalah metabolisme dapat terjadi dan proses resistensi insulin akan lebih cepat. Jika penderita diabetes merasa harus tetap makan nasi maka makanlah nasi dari beras merah atau beras hitam.

7. Roti Tawar

Semua jenis roti putih yang terbuat dari tepung juga dilarang bagi penderita diabetes karena memiliki kandungan karbohidrat dan kalori yang sangat tinggi. Bahkan roti putih tidak mengandung serat sehingga sulit masuk ke sistem pencernaan. Faktanya justru makan roti putih semakin membuat penderita diabetes sering lapar. Penderita diabetes lebih baik makan roti gandum yang berserat tinggi.

8. Daging Merah 

Lemak jenuh dari hewan sulit untuk diolah tubuh ketika tubuh memiliki kadar gula yang tinggi. Lemak jenuh juga dapat meningkatkan kolesterol yang membuat penyakit jantung atau stroke. Jenis daging berlemak yaitu daging ayam, daging bebek atau daging sapi sehingga harus dihindari. Penderita diabetes harus konsumsi makanan yang tidak berlemak jenuh seperti ikan yang kaya dengan omega 3.

Sponsors Link

9. Snack Atau Makanan Kemasan

Semua makanan ringan dalam kemasan (snack) juga tidak boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes karena terdapat bahan berbahaya untuk penderita diabetes seperti pemanis, bahan pengawet, MSG dan garam. Sebaiknya penderita diabetes memilih makanan dari kacang-kacangan atau biji-bijian yang dibuat dengan alami. (Baca Juga : Gejala Diabetes pada Pria)

10. Gorengan

Semua makanan yang digoreng juga berbahaya untuk penderita diabetes karena mengandung lemak jenuh yang lebih tinggi. Kandungan minyak bisa menumpuk dalam tubuh menjadi lemak jenuh karena tubuh tidak bisa mengolah dengan baik sehingga gula darah, berat badan, dan resiko kolesterol akan meningkat. Jika penderita diabetes benar-benar ingin makan makanan yang digoreng maka sebaiknya makanan digoreng dengan minyak sehat seperti minyak biji bunga matahari, minyak canola atau minyak zaitun.

11. Minuman Bersoda

Minuman bersoda atau berkarbon menyegarkan untuk diminum saat cuaca panas. Minuman ini dilarang untuk penderita diabetes karena memiliki kandungan gula dan bahan pengawet. Proses resistensi insulin pada penderita diabetes menjadi lebih buruk karena tubuh membutuhkan insulin yang sangat tinggi, sedangkan kelenjar pankreas tidak dapat menghasilkan insulin yang cukup.

12. Semua Minuman Berkafein

Makanan yang Harus Dihindari Penderita Diabetes selanjutnya adalah minuman berkafein. Semua minuman berkafein yang biasanya ditambah gula membuat kadar gula dalam tubuh naik dengan cepat. Minuman ini sebenarnya mengandung karbohidrat dan kalori yang lebih tinggi. Kafein tidak hanya membuat kadar gula darah meningkat, efek samping lainnya seperti detak jantung yang lebih tinggi, tekanan darah tinggi dan gangguan diuretik seperti sering kencing berlebihan juga dapat menyerang penderita diabetes.

13. Makanan Cepat Saji (Fast Food)

Makanan cepat saji sangat disukai karena rasanya yang enak dan disajikan dengan cepat. Anda tidak perlu repot memasak sehingga selalu menjadi solusi saat tidak memasak di rumah. Semua makanan cepat saji tidak boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes karena mengandung banyak kalori seperti karbohidrat, lemak dan gula. Bumbu yang digunakan seperti perasa makanan dan garam juga memiliki andil keadaan penderita diabetes akan menjadi parah.

ads

14. Coklat

Coklat diperbolehkan untuk penderita diabetes namun harus dikonsumsi dalam jumlah yang sangat terbatas. Coklat olahan mengandung kalori tinggi, lemak jenuh, teobromin, kafein, mentega, garam dan bahan perasa makanan lain. Kandungan lemak jenuh dalam coklat dapat mengganggu kinerja insulin dalam tubuh sehingga peredaran darah dapat terhambat. Kafein menyebabkan penderita diabetes mengalami diuretik sehingga terkena resiko dehidrasi dan kolesterol juga meningkat.

15. Kue yang Dipanggang

Kue yang dipanggang biasanya terbuat dari bahan-bahan seperti tepung putih, telur, mentega, pengembang, gula, minyak, coklat dan garam yang menyebabkan kadar gula darah meningkat dengan cepat. Semua bahan-bahan tersebut memiliki kandungan karbohidrat, gula dan lemak jenuh yang tinggi. Jika dikonsumsi berlebihan maka menyebabkan penderita diabetes bisa memiliki gula darah yang tinggi. Selain itu kue yang dipanggang juga menyebabkan efek rasa lapar setelah makan sehingga tubuh justru bisa menerima banyak makanan. (Baca Juga : Tujuan Pengobatan Diabetes )

16. Makanan Beku

Ikan, daging, dan jenis makanan laut lainnya yang dibekukan sering menjadi makanan pilihan karena mudah untuk dimasak. Makanan beku ini berbahaya bagi penderita diabetes karena mengandung garam, bahan pengawet dan bahan lain agar makanan beku bisa bertahan lama. Makanan beku bisa menyebabkan tubuh terkena resiko penyakit seperti kanker dan stroke.

17. Pisang dan Melon

Buah pada umumnya mengandung serat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Ada 2 buah yang harus dihindari oleh penderita diabetes yaitu pisang dan melon karena rasanya yang manis sehingga  menyebabkan kenaikan kadar gula darah. Penderita diabetes sebaiknya makan buah yang mengandung antioksidan tinggi seperti strawberry dan rasberry.

18. Sereal Manis

Sereal baik untuk dikonsumsi karena mengandung serat dan gizi yang tinggi. Sereal instan yang rasanya manis sangat berbahaya untuk penderita diabetes karena mengandung karbohidrat dan gula. Penderita diabetes sebaiknya mengkonsumsi sereal dengan bahan gandum utuh karena mengandung serat yang lebih tinggi.

Makanan yang Harus Dihindari Penderita Diabetes lainnya :

  1. Kentang Goreng
  2. Ketala
  3. Biskuit
  4. Donat
  5. Saus Manis
  6. Tepung Maida
  7. Burger

Makanan yang Baik Untuk Penderita Diabetes

Penderita diabetes tidak perlu bersedih karena banyaknya makanan yang tidak boleh dikonsumsi. Berikut ini pilihan makanan yang disarankan untuk penderita diabetes.

1. Coklat Hitam

Coklat hitam mengandung flavanoid yang meningkatkan fungsi insulin, mengurangi resistensi insulin, mempercepat pembentukan glukosa darah, dan mengurangi nafsu makan yang berlebihan. Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Copenhagen pada tahun 2008, orang-orang yang mengkonsumsi cokelat hitam akan berkurang keinginan untuk makan makanan manis, asin, atau berlemak dibandingkan dengan orang-orang yang mengkonsumsi cokelat susu. Kandungan flavanoid pada coklat susu lebih rendah dibandingkan cokelat hitam, sedangkan gula dan lemaknya lebih banyak. Kandungan flavanoid dalam coklat bisa menurunkan risiko kanker, mengatur tekanan darah, dan mengurangi risiko serangan jantung hingga 2% selama 5 tahun.

2. Brokoli

Studi yang dilakukan oleh Warwick University dalam jurnal “Diabetes” menyatakan bahwa brokoli mengandung senyawa sulforaphane yang dapat melindungi dinding pembuluh darah dari kerusakan kardiovaskular akibat diabetes. Sulforaphane juga dapat mendorong proses anti inflamasi, mengontrol kadar glukosa dalam darah, meningkatkan mekanisme detoksifikasi alami dalam tubuh, serta meningkatkan jumlah enzim yang mengendalikan senyawa kimia berbahaya penyebab kanker. Brokoli juga mengandung kromium yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh.

Sponsors Link

3. Ikan

Ikan kaya akan protein yang membuat orang merasa kenyang lebih lama setelah mengonsumsinya. Ikan juga mengandung asam lemak omega 3 yang dapat meredakan peradangan. Banyak penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang mempunyai kadar asam lemak omega 3 tertinggi di dalam darah akan memiliki inflamasi yang lebih rendah. Inflamasi yang parah bisa memperburuk diabetes dan meningkatkan berat badan. Konsumsi ikan dalam diet juga mengurangi risiko berbagai penyakit terutama stroke yang menjadi salah satu komplikasi diabetes. Menurut penelitian Emory University pada 2010, orang-orang yang makan ikan panggang atau kukus memiliki risiko stroke yang lebih rendah hingga 3%. Ikan goreng, ikan cepat saji, dan seafood lainnya yang digoreng justru dapat meningkatkan risiko terkena penyakit yang sama. Bagi penderita diabetes tidak boleh makan ikan yang digoreng.

4. Bayam

Penelitian di Inggris menyatakan orang-orang yang mengonsumsi lebih dari satu porsi bayam dalam sehari dan sayuran berdaun hijau lainnya mengalami penurunan risiko diabetes dan penyakit lainnya hingga 14% dibandingkan dengan orang-orang yang hanya makan ½ porsi per hari. Sayuran berdaun hijau mengandung vitamin K serta mineral magnesium, folat, fosfor, potasium, dan seng. Khusus untuk bayam mengandung senyawa lutein, zeaxanthin, dan berbagai flavonoid lainnya.

5. Ubi Jalar

Ubi jalar mampu mengurangi HbA1c sebanyak 0,3 hingga 0,57% dan mempercepat proses glukosa darah sebanyak 10 hingga 15 poin karena mengandung antosianin sebagai pigmen alami. Senyawa antioksidan bermanfaat sebagai zat anti peradangan, anti viral, dan anti mikroba. Ubi jalar juga kaya akan vitamin A, serat dan indeks glukosa lebih rendah.

6. Kayu Manis

Studi dalam jurnal “Diabetes Care” menyatakan penderita diabetes tipe 2 yang mengonsumsi satu gram kayu manis atau lebihsetiap hari dapat menurunkan kadar gula darah sebesar 30% dibandingkan yang tidak. Kayu manis juga menurunkan trigliserida, kolesterol LDL, dan total kolesterol sebanyak 25%. Mengapa demikian? Karena kayu manis mengandung kromium, mineral yang meningkatkan kinerja insulin, polifenol, dan antioksidan atau penangkal radikal bebas yang mampu menurunkan inflamasi sehingga mencegah diabetes dan penyakit jantung atau bagi penderita diabetes kondisinya tidak semakin parah.

Jadi itulah beberapa makanan yang harus dihindari penderita diabetes. Jika anda penderita diabetes masih melanggar beberapa jenis makanan itu, maka yang akan anda dapatkan penyakit anda akan semakin parah. Maka sangat penting untuk memperhatikan makanan anda. Semoga bermanfaat!!

, , ,



Oleh :
Search
Doctors Talk

Diabetes Melitus merupakan penyakit yang harus dihindari, karena menyerang berbagai organ vital dalam tubuh manusia, yang tentunya dapat menyebabkan kematian. dr. Jimmy Lumanau menjelaskan A-Z mengenai diabetes melitus yang wajib anda pahami.