Sponsors Link

5 Makanan Terbaik untuk Penderita Diabetes dan Liver

Sponsors Link

Mungkin saat Anda mendengar atau membaca penyakit diabetes dan liver, keduanya terkesan sangat berbeda bagi Anda. Diabetes sendiri merupakan penyakit yang menyerang organ ginjal karena kandungan gula yang berlebih di dalam tubuh. Gula yang berlebih ini akan terkumpul dalam aliran darah yang apabila dibiarkan dalam jangka panjang bisa menyebabkan komplikasi. Oleh sebab itu makanan terbaik untuk diabetes dan liver juga harus bisa diperhatikan. Karena diabetes dan liver  kadar gula darah normal  yang tidak stabil.

ads

Sebagian besar diabetes dan liver lebih sering menyerang pria ketimbang wanita. Salah satu komplikasi dari diabetes adalah penyakit liver yang menyerang organ hati. Selain liver, diabetes juga dapat menyebabkan gagal jantung, gagal ginjal dan beberapa penyakit yang terkait dengan organ dalam manusia. Liver disebabkan oleh kandungan kolesterol dan alkohol berlebih, sirosis hepatitis, dan penyebab lainnya.

Apabila kedua penyakit tersebut telah menyerang manusia, maka yang harus Anda lakukan adalah mengatur pola makanan terbaik untuk penderita diabetes dan liver. Sebab makanan merupakan faktor penting dalam penentu kesehatan seseorang yang dapat membantu mempertahankan metabolisme tubuh. Penderita diabetes harus mengonsumsi makanan dengan indeks glikemiks yang rendah sehingga kadar gulanya lebih terkontrol. Makanan jenis tersebut juga sangat baik dikonsumsi oleh penderita liver. Apa saja makanan nya?

1. Kayu manis

Meski namanya kayu manis, jenis rempah ini sangat cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes. Sebab kayu manis mengandung kadar antioksidan tinggi, yang mampu meningkatkan sistem imunitas penderita diabetes. Selain itu, kayu manis juga mampu melawan radikal bebas dan toksin (racun) yang masuk ke dalam tubuh. Lalu, bagaimana cara mengonsumsinya? Buatlah ramuan kayu manis yang dicampur dengan minuman jahe ataupun madu asli.

2. Pare

Pare (parai) termasuk jenis sayuran yang berfungsi sebagai pengontrol gula darah. Pare dapat langsung Anda konsumsi layaknya Anda memakan sayuran untuk lauk, tentunya harus diolah terlebih dahulu menjadi masakan. Sebab pare memiliki rasa yang sangat pahit. Selain diolah menjadi makanan, pare juga bisa diolah menjadi minuman jus agar Anda dapat memperoleh hasil yang maksimal. Anda juga bisa mengkonsumsi beras ketan putih untuk diabetes.

4. Nasi

Nasi merupakan sumber karbohidrat yang memiliki indeks gula yang rendah. Bagi masyarakat Indonesia, nasi sudah menjadi makanan pokok yang harus ada setiap harinya. Namun, bagi penderita diabetes, nasi harus dikonsumsi dalam keadaan dingin agar tidak mengandung zat gula yang berlebih. Usai memakan nasi putih, biasanya kadar gula darah tidak mengalami kenaikan yang signifikan. Selain nasi putih, makanan yang indeks gulanya rendah dapat juga ditemui pada beras merah, gandum, dan nasi jagung.

5. Minyak zaitun

Terdengar seperti bukan makanan, minyak zaitun (olive oil) dapat juga dikonsumsi oleh penderita diabetes dan liver karena mengandung asam lemak tunggal yang bagus untuk kesehatan. Minyak zaitun dapat mengurangi kadar gula darah dengan cara memperlambat proses pencernaan makanan. Zat yang berada di dalam minyak zaitun juga dipercaya mampu medistribusikan glukosa secara lebih dan merata ke seluruh tubuh. Minyak zaitun ini dapat dikonsumsi dengan cara mencampurkannya pada makanan 1 sampai 3 sendok teh, atau bisa juga diminum secara langsung. Sama halnya dengan makanan untuk penderita diabetes dan maag  minyak zaitun memang sangat dianjurkan.

Jalan utama untuk mengobati kedua penyakit tersebut secara sekaligus adalah dengan memperbaiki pola makan. Dari penjelasan sebelumnya, Anda jadi lebih mengenal apa saja makanan terbaik untuk penderita diabetes dan liver sehingga tidak menyebabkan komplikasi lebih lanjut yang membahayakan kesehatan tubuh Anda. untuk itu, jika Anda memiliki orang tua, keluarga ataupun saudara yang memiliki riwayat kedua penyakit tersebut, segera beri mereka edukasi terkait makanan terbaik untuk penderita diabetes dan liver yang patut mereka konsumsi, Anda juga sangat dianjurkan mengganti beras putih dengan beras india untuk diabetes.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Pencegahan
Search
Doctors Talk

Diabetes Melitus merupakan penyakit yang harus dihindari, karena menyerang berbagai organ vital dalam tubuh manusia, yang tentunya dapat menyebabkan kematian. dr. Jimmy Lumanau menjelaskan A-Z mengenai diabetes melitus yang wajib anda pahami.