Sponsors Link

9 Kudapan untuk Penderita Diabetes Melitus

Sponsors Link

Banyak orang yang berpendapat jika penderita diabetes tidak boleh untuk mengkonsumsi camilan atau makanan ringan. Pendapat ini sangat salah, meskipun menderita diabetes namun ini tidak harus menghentikan penderitanya untuk makan kudapan atau camilan ringan di sela-sela jam makan utama.

ads

Mengontrol gula darah tetap normal memang menjadi kewajiban utama, namun buka berarti membuat anda harus menghindari makan camilan dan membuat anda menahan rasa lapar. Yang paling terpenting adalah bagaimana anda memilih kudapan yang sehat dan tepat untuk penyakit diabetes. Sama halnya seperti makanan utama, kudapan yang sehat tentunya harus terdiri dari kombinasi protein, karbohidrat, lemak, dan serat. Dan di bawah ini ada beberapa contoh kudapan untuk penderita diabetes yang sehat dan aman untuk dikonsumsi.

1. Alpukat

Mengkonumsi buah alpukat sebagai makanan untuk menormalkan gula darah. Buah ini akan sangat membantu mengelola gula darah di dalam tubuh. Hal ini karena alpukat mengandung serat tinggi serta asam lemak tak jenuh tunggal. Sebuah studi menjelaskan jika sangat baik bagi penderita diabetes tipe 2 untuk memasukkan alpukat sebagai menu makan harian karena gula darah akan menjadi lebih terkontrol. Namun tetap saja perhatikan porsi yang anda makan karena alpukat mempunyai kalori yang cukup tinggi. Porsi terbaik untuk kudapan penderita diabetes adalah 1/4 – 1/2 buah alpukat.

2. Telur Rebus

Telur rebus merupakan camilan super sehat bagi penderita diabetes karena kandungan protein di dalamnya. 1 butir telur memiliki kandungan 6 gr. Sebuah penelitian dengan melibatkan 65 penderita diabetes tipe-2 diminta untuk mengkonsumsi 2 butir telut setiap harinya selama 12 minggu. Dan di akhir penelitian penderita mengalami penurunan gula darah dalam tubuh.

Selain itu pula, kadar hemoglobin A1c juga lebih rendah. Hemoglobin A1C adalah tolak ukur dalam mengontrol gula darah untuk jangka panjang. Sehingga mengkonsumsi telur sebagai makanan ringan akan sangat disarankan bagi penderita diabetes. Telur akan mudah mengenyangkan, sehingga anda bisa lebih mudah mengontrol nafsu makan tanpa makan yang berlebihan.

3. Biskuit Gandum Dan Keju Lembaran

Biskuit gandum juga menjadi salah satu kudapan bagi penderita diabetes yang direkomendasikan. Biskuit gandung dengan tambahan topping keju menjadi pilihan camilan yang baik untuk penderita diabetes. Perpaduan karbohidrat dan serat dalam biskuit gandum serta lemak yang ada di dalam keju nyatanya menjaga agar gula darah normal. Asupan lemak yang ada di dalam keju bisa memperlambat pencernaan karbohidrat, meningkatkan pelepasan hormon yang dapat menurunkan gula darah, serta mengurangi kadar insulin. Anda bisa menjadikan kombinasi makanan ini sebagai camilan sehari hari. Namun pastikan jika anda memilih biskuit yang memang 100% terbuat dari biji gandum.

4. Salad Tuna

salad

Anda bisa membuat menu salad tuna dengan bahan daging tuna suwir, seledri, irisan bawang bombay, mayones, garam, lada hitam bubuk, dan sedikit bawang putih. Jika anda tidak ingin menggunakan mayones, maka anda bisa menggantinya dengan keju cottage atau plain yogurt.

Dalam semangkuk salad tuna, mengandung sekitar 22 gram protein serta tidak ada tambahan karbohidrat. Inilah sebabnya menu salad tuna juga menjadi salah satu camilan sehat bagi yang menderita diabetes. Selain itu tuna mengandung asam lemak omega-3 yang sudah terbukti dapat resiko peradangan dan membantu gula darah menjadi lebih terkontrol.

5. Popcorn

Popcorn terbuat dari gandum utuh yang sudah terkenal karena kandungan kalori yang rendah sehingga sangat baik bagi penderita diabetes. Dalam 8 gram popcorn, mengandung 31 kalori dan 1 gram serat. Kebiasaan mengkonsumsi camilan yang rendah kalori akan sangat membantu untuk mengendalikan berat badan bagi penderita diabetes, sehingga kadar gula di dalam darah bisa tetap terjaga. Akan tetapi hindari untuk menambahkan garam dan mentega saat pembuatan popcorn. Ini bisa meningkatkan resiko komplikasi diabetes mellitus pada jantung, hipertensi, dan obesitas. Biasakan pula untuk mengkonsumsi 1 gelas air putih setelah mengkonsumsi popcorn untuk menetralisir tubuh.

6. Kacang Almond

kacang almond

Kacang almond menjadi menu makanan sehat lainnya yang sangat baik dikonsumsi penderita diabetes. Dalam 28 gram kacang almond, mengandung lebih dari 15 vitamin serta mineral yang berperan sangat penting dalam mengontrol diabetes. Diantaranya dapat mengurangi resistensi insulin, menjaga kesehatan jantung, dan mengontrol kadar gula darah. Namun perlu anda ketahui, kacang almon mengandung kalori yang sangat tinggi. Karena itulah cukup konsumsi 1 genggam kacang almond dalam sehari saja, jangan berlebihan.

Sponsors Link

7. Snack Yang Mengandung Kedelai

Kedelai ataupun makanan dengan kandungan kedelai merupakan menu makanan untuk penderita diabetes dan hipertensi terbaik. Mengapa? hal ini karena kedelai memiliki kandungan glikemik yang rendah sehingga mudah dicerna oleh tubuh secara perlahan dan membuat kenyang menjadi lebih lama. Akan sangat baik dikonsumsi sebelum makan besar. Indeks glikemik yang rendah akan sangat penting.

IG atau Indeks glikemik merupakan peringkat makanan yang memiliki kandungan karbohidrat. Angka inilah yang kemudian menjadi indikator dari seberapa cepatnya makanan tersebut bisa meningkatkan kadar gula di dalam tubuh. Makanan yang memiliki indeks glikemik rendah tidak akan cepat meningkatkan kadar gula darah jika anda mengkonsumsi sesuai dengan takaran. Mengkonsumsi kedelai atau makanan yang mengandung kedelai bisa memberikan dampak yang sangat signifikan dalam mengontrol kadar gula darah serta mengendalikan nafsu makan.

8. Edamame

Varian kacang kedelai hijau yang berasal dari Jepang ini memiliki gizi dan nutrisi yang baik bagi penderita diabetes. Terdapat kandungan 17 gram protein dan 8 gram serat di dalam 1 porsi edamame. Inilah yang membuat makanan ringan ini akan sangat baik dikonsumsi bagi penderita diabetes. Bahkan dalam beberapa penelitian menunjukkan jika kacang edamame bisa menurunkan kadar gula darah. Edamame juga membantu meningkatkan resistensi insulin, kondisi dimana saat sel tidak bisa menggunakan hormon insulin secara efektif sehingga dapat memicu peningkatan gula darah secara konsisten. Edamame bisa diolah dengan cara dikukus. Anda juga bisa menambahkan lada bubuk untuk menambah cita rasa.

9. Plain Yogurt dan Buah Beri

Mengkonsumsi yoghurt dan buah beri juga menjadi salah satu kudapan bagi penderita diabetes yang direkomendasikan. Buah beri mengandung antioksidan yang membantu mengurangi peradangan serta mencegah kerusakan pada sel-sel pankreas, organ yang bertanggung jawab melepas hormon yang menurunkan kadar gula darah. Selain itu, kandungan buah berry yang kaya akan serat sebanyak 4 gram serat menjadikannya sebagai buah untuk mengobati diabetes kering karena dapat mentstabilkan tingkat gula setelah makan.

Selain itu yoghurt juga dikenal dengan kemampuanya yang dapat menurunkan kadar gula dalam darah karena kandungan probiotiknya. Dan tak hanya itu saja kandungan ini juga dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam melakukan proses metabolisme pada makanan yang memiliki kandungan gula. Ditambah lagi dengan kandungan protein yang tinggi, membantu kadar gula tetap terkontrol dengan baik. Sangat cocok mengkombinasikan buah beri dan yoghurt untuk camilan sehari hari. 

, , , ,
Search
Doctors Talk

Diabetes Melitus merupakan penyakit yang harus dihindari, karena menyerang berbagai organ vital dalam tubuh manusia, yang tentunya dapat menyebabkan kematian. dr. Jimmy Lumanau menjelaskan A-Z mengenai diabetes melitus yang wajib anda pahami.