Sponsors Link

4 Tips Mengonsumsi Jenis Kurma untuk Penderita Diabetes

Sponsors Link

Bulan puasa merupakan bulan kurma dimana semua orang akan berbondong – bondong membeli kurma, tidak terpikir berapa pun harganya akan dibeli. Permintaan yang tinggi tentang buah kurma ini pada saat bulan ramadhan menyebabkan para penjual kurma memberikan harga yang tinggi. Di negara kita sendiri memiliki 4 jenis kurma yang ditanam di Indonesia, namun tetap saja jenis kurma di indonesia masih kalah saing dengan jenis kurma yang ada di arab melihat dari macam – macam jenisnya.

ads

Kurma memiliki cita rasa yang manis tapi tak seperti manisnya gula yang berada di makanan lain karena diyakini bahwa kandungan gula pada kurma akan langsung diserap oleh tubuh ini yang menyebabkan perbedaan kurma dengan manisan lain atau makanan yang memiliki cita rasa manis karena jika manisan lain tidak langsung diserap oleh tubuh melainkan ada proses selanjutnya yakni dengan diuraikannya dulu sehingga dapat diserap oleh tubuh.

Bolehkah penderita diabetes makan kurma?

Menurut penelitian yang dilakukan oleh US Departement of Agricultural, satu buah kurma setara 7 gram mungkin kira – kira ukuran yang sedang mempunyai kandungan gula dengan kadar banyaknya sebesar 4,5 gram jumlah kadar ini termasuk golongan kadar yang tinggi bagi anda penderita diabetes. Namun ada juga penelitian lain yang beranggapan berbeda yakni Munadi dari pendidikan dokter spesialis ilmu penyakit dalam, Fakultas Kedokteran USU Medan penelitian tersebut Perubahan Kadar Glukosa Darah Penderita Diabetes Tipe 2 yang Terkontrol Setelah Mengkonsumsi Kurma.

Hasil dari penelitiannya tersebut menyatakan bahwa jika pada penderita penyakit diabetes mengkonsumsi kurma dengan berat 15 gram mungkin kira – kira sebanyak 3 biji kurma berukuran sedang dinyatakan glukosa darah tidak akan naik meskipun penderita tersebut sedang mendapat penyembuhan khusus dengan terapi OHO maupun insulin. Namun bagi penderita diabetes jika masih ragu dengan hasil penelitian tersebut anda dapat mengatur konsumsi kurma sehari – hari.

Tips bagi yang masih pengin mengkonsumsi kurma, berikut tips memilih dan mengonsumsi jenis kurma untuk penderita diabetes:

  1. Pastikan anda tahu kebutuhan gula anda bagi penderita diabetes

Beberapa penelitian memang menyatakan bahwa kadar glukosa pada kurma termasuk tinggi dan seperti yang kita tau bahwa ini akan membuat para penderita diabetes harus waspada terhadap kadar gula dalam makanan termasuk dalam kurma. Asupan gula bagi penderita diabetes akan berpengaruh pada penurunan kualitas tubuh yang akan memberikan input peningkatan lebih dalam apakah akan semakin parah penyakit diabetes yang diderita oleh penderita diabetes atau malah sebaliknya.

Kebutuhan gula darah dalam tubuh individu berbeda – beda termasuk para penderita diabetes, Para penderita diabetes biasanya memiliki kebutuhan kadar gula dalam sehari – harinya hanya mungkin berkisar 8 – 10 gram Ini angka yang cukup kecil dari orang normal pada biasanya. Namun tidak perlu cemas karena kisaran tersebut sesuai dengan ukuran kondisi masing – masing individu jadi angka kisaran tersebut dapat berubah – ubah sesuai kadar kondisi.

  1. Pastikan anda membatasi jumlah kurma

Kebutuhan para penderita diabetes tentu berbeda dengan orang norma lainnya seperti yang sudah disebutkan diatas.  Bila kita dapat menilik dari kandungan gula pada kurma maupun kebutuhan kadar gula pada penderita diabetes yang semestinya, maka dapat kita simpulkan bahwa penderita diabetes dapat mengkonsumsi kurma dengan banyak porsi sekitar 2 – 3 biji saja. Kandungan gula pada kurma dan kandungan gula pada makanan lain tentu sangat berbeda, kandungan pada kurma lebih sedikit dibandingkan dengan kandungan gula pada makanan lain jadi anda tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsinya.

  1. Sari kurma

Sari kurma mungkin alternatif lain untuk anda agar dapat mengkonsumsi kurma dengan mudah, sari kurma ini diyakini memiliki kadar gula lebih sedikit meskipun sudah menjadi inti sari karena proses yang panjang dalam pembuatan sari kurma dan membutuhkan waktu yang cukup lama  sehingga akan mengurangi kadar gulanya sendiri. Sari kurma ini lebih ringan jika dikonsumsi karena bentuknya cairan seperti madu dan di lidah pun akan lebih easy jika dirasakan.

Sponsors Link

Bagi anda penderita diabetes maupun yang memiliki saudara penderita diabetes berusia tua dengan kondisi kurang mampu mengunyah sari kurma ini adalah alternatif lain bisa juga sebagai campuran dalam minuman, makanan lainnya dapat juga di konsumsi secara langsung sari. Jika anda ingin mengonsumsi kurma anda bisa menggunakan 2 – 3 biji kurma saja tidak boleh lebih karena ini akan menambah konsumsi kadar gula dari kebutuhan harian semestinya bagi penderita diabetes.

  1. Pastikan anda memilih kurma yang benar dan tepat

Pakar kesehatan dan gizi menyatakan bahwa kurma yang baik adalah kurma yang memiliki kadar kematangan yang pas  dan tepat sehingga tekstur nya tidak lembek. dr Samuel Oetoro, MS, SpGK dari MRCCC Siloam Hospital Semanggi menyatakan bahwa kurma mengandung glukosa, fruktosa, dan surkosa. Untuk itu sangat penting untuk memilih kurma yang tepat yakni dengan memilih kurma yang tidak memiliki kadar air yang tinggi, lembek dan lunak. Karena dipercaya bahwa kondisi kurma yang demikian mengandung glukosa yang tinggi, jadi pastikan anda memilih kurma dengan kondisi kulitnya masih keras karena kurma dengan kondisi demikian memiliki kandungan fluktosa yang tinggi dan kandungan glukosa didalamnya rendah sehingga bagus dikonsumsi termasuk untuk para penderita diabetes.

Pada buah kurma terdapat biji kurma yang banyak orang yang meyakini dapat di konsumsi sebagai kopi dan untuk pengobatan penyakit diabetes. Namun sebenarnya bukan untuk tujuan pengobatan diabetes, meski biji – bijian memiliki kandungan vitamin yakni vitamin E yang tidak seberapa termasuk pada biji kurma. Biji kurma juga diperkirakan memiliki kandungan senyawa fiktomia dan juga kandungan serat. Serat ini diharapkan akan bermanfaat untuk penurunan kadar gula darah, tekanan darah, dan juga lemak darah karena didalam biji kurma disinyalir tidak memiliki kandungan gula lagi sehingga dapat dikonsumsi dengan catatan belum ada penelitian bahwa biji kurma dapat digunakan sebagai obat penyakit diabetes.

Dari uraian tersebut dapat kita simpulkan bahwa jenis kurma yang baik untuk penderita diabetes adalah kurma yang tidak memiliki kadar gula terlalu tinggi yakni dengan ciri khasnya tidak berair, lembek dan lunak.

, , , ,



Search
Doctors Talk

Diabetes Melitus merupakan penyakit yang harus dihindari, karena menyerang berbagai organ vital dalam tubuh manusia, yang tentunya dapat menyebabkan kematian. dr. Jimmy Lumanau menjelaskan A-Z mengenai diabetes melitus yang wajib anda pahami.