Sponsors Link

Cara Kerja Metformin dan Efek Sampingnya

Sponsors Link

Metformin merupakan obat yang bisa mengontrol kadar gula darah normal agar tetap dalam keadaan normal. Obat ini biasanya akan diberikan pada mereka yang menderita diabetes tipe 2. Metformin akan bekerja dengan caran membantu mengembalikan lagi respon tubuh pada insulin yang biasa diproduksi oleh tubuh. Obat ini nantinya akan menurunkan kelebihan gula yang diproduksi oleh hari dan juga diserap usus. Lebih lengkapnya lagi, berikut ini pembahasan mengenai cara kerja metformin dan efek samping.

ads

Cara Kerja Metformin

Metformin nantinya akan dikonsumsi dengan cara dimasukan ke dalam mulut namun harus sesuai dengan instruksi dari dokter. Pada umumnya yang dianjurkan adalah 1 sampai 3 hari sehari. Anda bisa meminum banyak air saat sedang melakukan pengobatan menggunakan metformin.

Sementara untuk dosisnya akan disesuaikan dengan kondisi penderita diabetes tersebut, bagaimana fungsi ginjalnya serta bagaimana respon terhadap pengobatan tersebut. Biasanya dokter akan menganjurkan pasiennya untuk mengonsumsi obat dengan dosis rendah dulu kemudian lambat laut harus ditingkatkan guna menurunkan adanya resiko efek samping seperti nyeri pada perut. Dokter juga pastinya akan memberikan obat setelah menyesuaikan dengan berapa tinggi level gula darahnya agar bisa menemukan dosis yang tepat dan tidak salah. Mengkonsumsi obat dengan rutin sesuai arahan bisa membantu manfaatnya bekerja dengan optimal.

Jika ternyata Anda juga sudah mengkonsumsi jenis obat anti diabetes lainnya misalnya saja seperti chlorpropamide sebaiknya ikutilah anjuran dokter dengan baik ya, apakah memang Anda harus melanjutkan pengobatan lama atau menghentikannya. Periksalah kondisi gula darah Anda dengan rutin sesuai dengan anjuran dari dokter kemudian catat setiap hasilnya.

Efek Samping Penggunaan Metformin

Beberapa obat kimia memang sudah dipastikan akan memiliki efek samping, termasuk metformin. Beberapa efek samping umum yang mungkin saja didapatkan diantaranya seperti nyeri pada kepala, merasa lemah dan cepat lelah, mual, muntah hingga diare, nyeri pada perut dan buang angina terus. Akan lebih baik konsumsinya diimbangi dengan menu diet pada penderita diabetes.

Metformin juga bisa menimbulkan adanya lactic acidosis atau penumpukan asam laktif di dalam tubuh yang dapat berakibat buruk. Lactic acidosis ini bisa terjadi secara perlahan dalam semakin memburuk jika terus didiamkan. Oleh sebab itu jika Anda mendapatkan gejala seperti, nyeri pada otot, timbulnya rasa dingin pada tangan dan kaki, sangat sulit sekali untuk bernapas, kepala terasa pusing dan berputar, merasa sangat lelah sekali, perut terasa nyeri, mual sampai muntah, detak jantung mulai melambat atau cepat, segeralah hubungi dokter.

Sementara itu, untuk gejala lactic yang lebih para diantaranya napas pendek bahkan saat Anda sudah coba menarik napas pun tetap saja tidak berefek apapun, adanya pembengkakan dengan kenaikan berat badan cukup cepat, demam hingga flue. Jika ada pantangan diabetes kering sebaiknya perhatikan juga konsumsi obatnya.

Sponsors Link

Namun tenang saja, tidak semua efek samping diatas bisa Anda dapatkan, karena setiap orang akan berbeda reaksi terhadap obatnya. Sehingga akan lebih baik jika ingin mengkonsumsi metformin konsultasikan dulu mengenai efek samping dan bagaimana penanganannya yang tepat.

Itulah cara kerja metformin dan efek sampingnya yang sangat penting Anda ketahui. Sebenarnya jika Anda bisa menyeimbangkan gula darah dibantu dengan hidup sehat itupun akan sangat membantu. Lakukan diet untuk penderita diabetes dengan menghindari makanan yang terlalu banyak mengandung gula, garam serta lemak, atau Anda juga bisa coba memperhatikan pada pengolahan makanan, hindari makanan yang diolah dengan cara digoreng sebagai gantinya Anda bisa mengolahnya dengan cara direbus, oiya hindari juga ya sayuran yang tidak boleh dikonsumsi penderita diabetes.

, ,
Oleh :
Kategori : Obat Obatan
Search
Doctors Talk

Diabetes Melitus merupakan penyakit yang harus dihindari, karena menyerang berbagai organ vital dalam tubuh manusia, yang tentunya dapat menyebabkan kematian. dr. Jimmy Lumanau menjelaskan A-Z mengenai diabetes melitus yang wajib anda pahami.