Sponsors Link

4 Buah untuk Ibu Hamil Diabetes Gestasional

Sponsors Link

Menderita penyakit diabetes melitus adalah salah satu faktor risiko bagi seorang wanita dengan riwayat penyakit diabetes pada keluarganya. Penyakit diabetes yang diderita saat seorang wanita hamil adalah jenis penyakit diabetes gestasional. Secara umum, keluhan dan masalah yang ditemukan tidak jauh berbeda dari jenis diabetes biasa. Dengan demikian, begitu juga proses pemulihannya. Namun yang perlu menjadi bahan perhatian Anda tentu saja kondisi kehamilan.

ads

Selain harus memerhatikan pola makan yang benar untuk mencegah diabetes gestasional Anda semakin parah, Anda juga perlu memperhitungkan setiap makanan yang Anda konsumsi. Salah satu jenis super food yang perlu Anda konsumsi adalah buah. Namun, buah untuk ibu hamil diabetes tidak bisa sembarangan. Selain harus memerhatikan kandungan nutrisinya, Anda juga perlu mencermati indeks glikemik yang dimilikinya. Beberapa jenis buah untuk ibu hamil diabetes yang bisa Anda konsumsi adalah sebagai berikut.

  1. Buah Pir

Buah pir bukanlah jenis buah yang asing untuk kaum wanita baik untuk kepentingan perawatan kulit maupun untuk kehamilan. Buah yang kaya akan kandungan air ini bisa menjaga kelembaban kulit ibu hamil yang kerap terganggu karena permasalahan hormon. Kandungan asam folat dan antioksidannya bagus untuk perkembangan janin dan menjauhnya dari serangan radikal bebas.

Kabar baiknya, buah pir memiliki indeks glikemik yang rendah yakni senilai 38 saja. Dengan demikian, buah ini merupakan buah untuk ibu hamil diabetes. Sebab, kandungan antosianin di dalamnya mampu membantu ibu hamil mengurangi resistensi insulin dan meningkatkan sensitivitasnya. Buah ini lebih baik dikonsumsi penuh tanpa mengupas kulitnya, bisa dimakan begitu saja atau diolah menjadi jus buah yang aman untuk penderita diabetes.

  1. Buah Mangga

Selain buah pir, buah mangga adalah salah satu jenis buah yang baik untuk kesehatan ibu hamil. Kandungan vitamin A di dalamnya memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh Anda maupun janin yang Anda kandung. Bagi Anda pribadi, buah mangga bisa memberikan simpanan energi yang cukup untuk beraktivitas serta menjaga kesehatan kulit dan mata. Sementara bagi bayi, vitamin A dalam buah mangga cukup penting dalam proses perkembangan dan pembentukan organ bayi.

Tidak hanya ketika masa kehamilan, vitamin A dalam buah mangga mampu membantu proses perbaikan dan pemulihan jaringan setelah Anda melahirkan. Kendati demikian, buah mangga menjadi salah satu buah yang dihindari oleh penderita diabetes karena kadar gulanya. Padahal, buah mangga masih bisa dikonsumsi dengan syarat; cukup setengah buah setiap hari, tidak dikonsumsi dalam bentuk jus, dan dikonsumsi satu jam setelah makan besar. Agar lebih minim risiko, mintalah pendapat dari dokter Anda sebelum mengonsumsi mangga sebagai buah untuk ibu hamil diabetes.

  1. Buah Kiwi

Tidak bisa dielak, buah kiwi adalah salah satu super food yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Buah ini mengandung berbagai jenis mineral seperti kalium, asam folat, serta vitamin C dan E. Kandungan-kandungan nutrisi tersebut baik untuk perkembangan janin Anda, bahkan mampu mengatasi berbagai jenis gangguan pada perkembangan saraf janin.

Tidak hanya bagi ibu hamil, buah kiwi juga merupakan super food pagi penderita diabetes melitus. Buah ini memiliki indeks glikemik yang rendah yakni sekitar 48.5 sehingga ketika dikonsumsi tidak akan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap gula darah sewaktu Anda. Berbanding terbalik dengan hal itu, kandungan nutrisinya justru sangat tinggi. Selain menjadi sumber energi, buah kiwi juga mampu membantu Anda mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh.

  1. Buah Apel

Apel adalah salah satu buah populer yang banyak digemari oleh masyarakat. Tidak hanya karena rasanya yang enak, apel juga kaya akan kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh—terutama untuk ibu hamil. Beberapa jenis apel diketahui memiliki kandungan vitamin dan mineral yang lengkap. Mengonsumsi buah apel bisa meredakan keluhan pada masa awal kehamilan serta mengurangi risiko bayi lahir prematur.

Kendati memiliki rasa manis, gula dalam buah apel adalah fruktosa sehingga ketika dikonsumsi tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kadar gula darah. Ada pun indeks glikemik dari buah ini berada di dalam kisaran 28 hingga 44 yang terhitung cukup rendah sebab berada di bawah angka 55. Sekali pun memiliki kandungan karbohidrat, pengaruhnya terhadap gula darah tidak seburuk pengaruh gula dalam Jun food terutama jika Anda mengombinasikannya dengan jus sayuran untuk penderita diabetes.

Selain empat buah tersebut, masih terdapat banyak buah untuk ibu hamil diabetes atau wanita yang mengalami gangguan diabetes gestasional. Meski banyak dihindari karena memiliki cita rasa manis, pengonsumsian buah tetap dibutuhkan sebab buah memiliki serat dan mineral lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh. Jika dikonsumsi dengan seimbang dan cukup, tentu buah dengan indeks glikemik rendah adalah jenis makanan untuk menormalkan gula darah.

, , ,
Oleh :
Search
Doctors Talk

Diabetes Melitus merupakan penyakit yang harus dihindari, karena menyerang berbagai organ vital dalam tubuh manusia, yang tentunya dapat menyebabkan kematian. dr. Jimmy Lumanau menjelaskan A-Z mengenai diabetes melitus yang wajib anda pahami.