Sponsors Link

Boleh Tidak Makan Anggur untuk Penderita Diabetes?

Sponsors Link

Diabetes adalah kondisi penyakit yang terjadi ketika tubuh memiliki kadar gula yang sangat tinggi. Akhirnya tubuh bisa membutuhkan tingkat insulin yang sangat tinggi tapi sayangnya pankreas tidak memproduksi insulin yang cukup. Untuk itu tubuh penderita perlu mendapatkan suntikan insulin agar kondisi gula darah bisa normal lagi. Hal yang sangat penting dari kondisi ini adalah dengan melihat munculnya tanda-tanda diabetes.

ads

Gaya hidup menjadi aturan yang sangat penting untuk penderita diabetes. Dimana sebaiknya tubuh tidak mendapatkan asupan gula dan karbohidrat secara berlebihan. Jika sudah mengalami obesitas maka harus menurunkan berat badan dan menjaga berat badan kembali ideal. Makanan dan minuman yang mengandung karbohidrat dan gula sebaiknya dikurangi, termasuk untuk buah seperti buah anggur. Lalu boleh tidak makan anggur untuk penderita diabetes? Berikut ulasannya.

Boleh Tidak ?

Adanya gejala awal diabetes memang harus diperhatikan. Jika sudah terkena gejala maka pemeriksaan sangat diperlukan agar gula darah bisa dikendalikan. Caranya adalah dengan merubah gaya hidup termasuk memperbaiki pola makan. Sementara itu ada anggapan bahwa buah anggur sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita diabetes. Ada berbagai alasan yang membuat anggur terlarang untuk penderita diabetes seperti:

  1. Kadar gula yang sangat tinggi. Tentunya kadar gula yang sangat tinggi bisa berbahaya untuk penderita diabetes. Termasuk jika sudah mengalami  ciri-ciri diabetes di usia muda .
  2. Kadar karbohidrat sangat tinggi. Karbohidrat juga memicu kenaikan kadar gula darah dengan cepat sehingga bisa membuat diabetes lebih parah lagi.

Jika melihat semua alasan tersebut maka tentunya anggur bukan pilihan buah yang tepat untuk penderita diabetes. Namun sebenarnya anggur bisa atau boleh dimakan untuk penderita diabetes. Hal ini karena ada beberapa pertimbangan yaitu:

  1. Anggur tidak meningkatkan kadar gula. Ada sebuah pemikian dan penemukan bahwa anggur bukan penyebab dari meningkatkan kadar gula darah, termasuk setelah makan anggur. Bahkan anggur juga tidak berperan untuk meningkatkan kadar insulin. Yang membuat diabetes itu lebih parah adalah kondisi bahwa kadar insulin yang sangat tinggi telah membuat tubuh mengalami resistensi insulin. Anggur justru akan mencegah proses resistensi insulin sehingga bisa juga mengendalikan gejala diabetes melitus.
  2. Kandungan karbohidrat dalam anggur dinyatakan dalam jumlah yang aman. Sekitar satu cangkir anggur mengandung setidaknya 15 gram karbohidrat. Karena itu bagi penderita diabetes maka tetap bisa makan anggur dengan menyesuaikan jumlahnya.

Cara Makan Anggur

  1. Tes gula darah. Langkah pertama sebelum makan anggur adalah dengan memeriksa kadar gula darah. Ini sangat penting untuk tahu kondisi gula darah apakah dalam skala yang normal atau tidak. Untuk itu penderita bisa menggunakan aplikasi cek gula darah agar lebih tahu kondisi tubuh. Jika aman atau kadar gula darah normal maka bisa makan buah anggur namun dalam jumlah yang tidak berlebihan.
  2. Tidak berlebihan. Buah anggur memang manis dan lezat. Tapi penderita diabetes harus waspada dengan kadar karbohidrat yang cukup tinggi. Karena itu batasi jumlah anggur yang dimakan sehingga tidak mengalami kenaikan kadar gula darah.
  3. Jus anggur tanpa gula.
  4. Mungkin jika makan anggur dengan cara biasa akan memancing nafsu makan yang berlebihan, maka cobalah membuat jus. Pertama Anda harus memilih dan menimbang anggur yang akan dimakan. Kemudian buah jus tanpa gula atau bahan pemanis lain.
  5. Kombinasi buah lain. Buah anggur juga bisa dikonsumsi dengan campuran atau kombinasi buah yang lain. Beberapa buah yang direkomendasikan dan dinyatakan baik untuk diabetes termasuk seperti apel, buah berri, jeruk, nanas, mangga, pepaya, dan blewah. Namun ketika makan dengan beberapa jenis buah maka perhatikan jumlahnya agar tidak berlebihan.
  6. Anggur hijau. Jika anggur merah memang mengandung kadar gula dan karbohidrat yang tinggi maka berbeda dengan anggur hijau. Hanya saja anggur hijau rasanya memang agak masam sehingga jarang ada yang suka. Namun untuk mengelola kadar gula dan tetap mendapatkan nutrisi dari buah anggur maka anggur hijau bisa jadi pilihan yang tepat.
Sponsors Link

Manfaat Anggur Untuk Penderita Diabetes

  1. Mengendalikan kadar gula darah. Ternyata anggur merah sangat baik untuk mengelola diabetes. Ini karena kandungan resveratrol dalam kulit buah anggur sangat baik untuk melawan pembentukan kadar gula dalam tubuh. Bahkan sangat baik untuk mengendalikan tingkat insulin pada tubuh sehingga bisa mengendalikan kadar gula.
  2. Melawan obesitas. Diabetes menjadi salah satu penyakit yang sering terjadi pada penderita obesitas. Ternyata anggur yang mengandung resveratrol juga akan melawan kenaikan berat badan dan membuat kondisi tubuh tidak mengalami kenaikan berat badan. Hanya saja kadar atau jumlah anggur yang dimakan sebaiknya tidak berlebihan.
  3. Sumber antioksidan. Anggur mengandung vitamin C dan vitamin E. Kedua jenis nutrisi ini sangat baik untuk menjaga agar tubuh tidak terkena serangan dari radikal bebas. Radikal bebas biasanya menyebabkan komplikasi masalah jantung pada penderita diabetes. Dan ini sangat berbahaya karena biasanya resiko serangan jantung juga sangat tinggi.
  4. Menjaga tekanan darah stabil. Selain itu ternyata anggur juga sangat baik untuk mengendalikan tekanan darah. Anggur mengandung kalium yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Kalium akan menjaga agar tekanan darah normal dengan cara menjaga kerja jantung normal. Kalium juga sangat penting untuk menjaga agar detak jantung tetap normal.
  5. Menjaga tingkat kolesterol. Ternyata buah anggur juga sangat baik untuk menjaga kadar kolesterol tetap normal. Hal ini bisa dipengaruhi dari kadar resveratrol dalam buah anggur yang bisa menurunkan kadar kolesterol buruk.
  6. Menjaga suasana hati. Selama ini penderita diabetes memang sering mengalami perubahan emosi yang sangat besar. Hal ini karena adanya kadar gula darah yang tinggi bisa menyebabkan hormon tubuh kacau. Emosi dipengaruhi oleh hormon dan ketika sudah kacau maka penderita diabetes mudah marah. Makan anggur bisa mengendalikan emosi karena pengaruh resveratrol.

Itulah keterangan tentang boleh tidak makan anggur untuk penderita diabetes? Untuk mendapatkan saran terbaik maka hubungi dokter yang biasa merawat kondisi Anda.

, ,



Oleh :
Search
Doctors Talk

Diabetes Melitus merupakan penyakit yang harus dihindari, karena menyerang berbagai organ vital dalam tubuh manusia, yang tentunya dapat menyebabkan kematian. dr. Jimmy Lumanau menjelaskan A-Z mengenai diabetes melitus yang wajib anda pahami.